Babel Memperjuangkan HAS Hanandjoeddin sebagai Pahlawan Nasional, Punya Jasa Besar bagi Kemerdekaan Indonesia
Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Letnal Kolonel Pas (Purn) HAS Hanandjoeddin diperjuangkan oleh Pemprov Kepulauan Bangka Belitung sebagai pahlawan nasional. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kami mengusulkan HAS Hanandjoeddin untuk menjadi salah satu pahlawan nasional," kata Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin usai memimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Pangkalpinang, Rabu.

HAS Hanandjoeddin Pahlawan dari Bangka Belitung 

Menurut dia, HAS Hanandjoeddin (5 Agustus 1910 hingga 5 Februari 1995) merupakan tokoh militer Indonesia dn juga pernah menyatakan sebagai Bupati Belitung sejak 1967 hingga 1972.

"Saat ini proses sudah berlangsung dan upaya-upaya telah dilakukan seperti menyampaikan dan melaporkan jasa-jasa HAS Hanandjoeddin dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini," ujarnya.

Ia mengatakan, dalam menghormati jasa-jasa HAS Hanandjoeddin, Pemprov Provinsi Kepulauan Babel menjadikan nama tokoh tersebut sebagai nama Bandar Udara di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang ikut mengusulkan dan memperjuangkan HAS Hanandjoeddin sebagai pahlawan nasional," katanya.

Pemprov Bangka Belitung Memperjuangkan HAS Hanandjoeddin sebagai Pahlawan Nasional 

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat Bangka Belitung untuk ikut berjuang dan mendoakan agar pemerintah pusat dapat memilih dan menyetujui HAS Hanandjoeddin sebagai salah satu pahlawan nasional.

"Mari kita bersama-sama berjuang dan mendoakan Bapak HAS Hanandjoeddin menjadi pahlawan nasional pada tahun ini," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.