Pembelajaran Tatap Muka Tahun Ajaran Baru 2022 Bikin Penjualan Alat Sekolah di Bangka Meningkat
Penjual perlengkapan alat sekolah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Penjualan perlengkapan dan peralatan untuk kebutuhan sekolah di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami peningkatan setelah diterapkannya pembelajaran tatap muka pada tahun ajaran baru 2022.

Seorang pedagang perlengkapan sekolah di Sungailiat, Minggu penjualan alat tulis sekolah mulai tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah mengalami peningkatan atau rata-rata mampu menjual kurang lebih 150 buku tulis setiap hari.

"Jumlah penjualan untuk satu jenis alat sekolah seperti buku tulis kurang lebih 150 buku per hari belum termasuk jenis penjualan alat sekolah lain seperti pensil, pena dan yang lain," kata dia.

Penjualan Alat Sekolah Tahun 2022 Meningkat Dibanding Tahun 2021

Dia mengakui penjualan alat sekolah tahun ini mengalami peningkatan yang cukup dibandingkan tahun sebelumnya dimana penerapan sistem daring atau online.

"Waktu anak sekolah belajar melalui tantangan atau dari rumah, penjualan turun banyak karena anak sekolah belajar menggunakan telepon genggam," kata dia.

Umumnya pembeli alat sekolah tahun ajaran baru adalah siswa yang baru masuk sekolah seperti SD, SMP maupun SMA.Diharapkan kondisi pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga aktivitas belajar di sekolah kembali normal.

Di balik itu, toko-toko online yang menjual perlengkapan sekolah yang mengalami peningkatan pembelian. Para orang tua siswa banyak yang mencarikan kebutuhan sekolah untuk anaknya lewat Shopee, Tokopedia, dan semacamnya.

Perlengkapan Alat Sekolah Ramai Dicari Orang Tua Siswa

Sementara menurut salah satu wali murid asal Kota Sungailiat, Atik mengatakan sebagai orang tua membutuhkan banyak peralatan sekolah karena anaknya baru masuk SMP.

"Kami sengaja tidak membeli kebutuhan alat sekolah di layanan online karena terlambat pengiriman sedangkan anak sudah masuk sekolah yang tanggal 18 Juli 2022," kata dia.

Sebagai orang tua siswa kata dia, kondisi belajar anak sekolah dapat normal seperti sebelum ada wabah virus corona yang mengakibatkan belajar sekolah dari rumah.

"Selama belajar melalui sistem online sangat dibutuhkan waktu bagi orang tua di rumah karena membutuhkan pendampingan belajar yang cukup ekstra," ujarnya.

Dari pantau ANTARA, jumlah toko alat tulis dan seragam sekolah di pasar Kota Sungailiat banyak dikunjungi pembeli karena hari ini Minggu (17/7) merupakan hari libur terakhir sekolah tahun ajaran baru.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.