Gubernur Sumsel Resmi Menutup Fornas VI 2022, Siapakah Pemenangnya?
Penutupan Fornas IV Sumatera Selatan (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Penutupan resmi Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) IV 2021 Sumatera Selatan 2022 ditutup di Venue Dayung Jakabaring Sport City, Kota Palembang, pada Kamis (7/7) malam.

Gubernur Sumatera Selatan menutup Fornas VI dengan melepaskan busur panah ke papan sasaran dan disaksikan langsung oleh Staf Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga Samsudin dan Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat Hayono Isman disambut kemeriahan kembang api.

"Dengan ini saya menyatakan Fornas VI 2021 Sumatera Selatan 2022 secara resmi ditutup," Gubernur Herman Deru. 

Dalam kesempatan itu Herman Deru mengatakan, Sumatera Selatan merasa sangat baik karena telah diberikan kepercayaan menjadi tuan rumah Fornas VI oleh KORMI di bawah binaan Kemenpora.

Di mana, semua rangkaian kegiatan yang penting di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir, sejak Jumat (1/7) hingga Kamis (7/7), merupakan buah kesuksesan atas kerja gotong-royong antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat se-Indonesia.

Fornas Sumatera Selatan Capai Jumlah Perserta Terbanyak

Bahkan dari situ pula, lanjutnya, Fornas VI Sumatera Selatan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena memiliki jumlah kepesertaan terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan olahraga masyarakat yakni mencapai 12.141 orang.

"Atas nama masyarakat Sumatera Selatan saya terima kasih dan mohon maaf bila ada kekurangan dalam segala hal. Pastinya untuk VI menjadi kegembiraan yang tidak pernah sirna bagi kita semua yang terlibat," kata dia.

Sementara ITU Staf Ahli Menpora Samsudin mengatakan, Fornas VI diharapkan menjadi awal kebangkitan masyarakat Indonesia yang sehat, bugar dan produktif.

Sebagaimana yang diamanatkan UU Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan dan Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional bahwa olahraga masyarakat berperan penting .

"Oleh karena itu tentu Fornas VI memiliki makna yang luar biasa yang kini sudah naik level dan sangat keren dengan jumlah 12 ribu peserta itu menjadi acuan untuk penyelenggaraan Fornas selanjutnya," kata dia.

Fornas VII Jawa Barat Dinantikan

Ia memastikan, pemerintah selalu berusaha maksimal untuk mendukung penyelenggaraan Fornas yang memiliki manfaat luar biasa dalam bagian kebugaran masyarakat itu sendiri.

"Selamat dan terima kasih semoga Fornas VII Jawa Barat dan seterusnya nanti akan lebih keren dan membanggakan," kata dia.

Sabanyak 12.141 olahraga rekreasi dari 34 provinsi ambil bagian pada waktu luang selama satu tahun karena adanya pandemi COVID-19 yang digelar di Kota Palembang dan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, 1-7 Juli 2022.

Fornas VI ini tandingkan 709 nomor pertandingan dari 55 induk olahraga dan kreasi budaya dari rumpun kebugaran dan rumpun petualangan serta ditambah 14 olahraga eksibisi sehingga total menjadi 64.

Perhelatan kali ini menjadi catatan tersendiri karena kali pertama diikuti oleh seluruh dunia di Tanah Air dan dari sisi induk olahraga lebih banyak dua kali lipat dibandingkan dengan ajang sebelumnya di Samarinda, Kalimantan Timur pada 2019.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.