800 Atlet Diterunkan Sumsel dalam Fornas VI di Palembang, Tuan Rumah Bertekad Raih Juara Umum
Gubernur Sumsel Herman Deru mengukuhkan atlet yang akan bertanding di ajang Fornas VI (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebanyak 800 atlet diturunkan oleh Sumatera Selatan sebagai tuan rumah dalam turnamen Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI di Palembang. Ajang tersebut bakal digelar pada 1-7 Juli 2022. Sumsel bertekad meraih target gelar juara umum.

Herman Deru, Gubernur Sumsel, menyampaikan ratusan atlet yang hanya dipersiapkan untuk mewakili daerah diharapkan bukan membawa misi olahraga tapi juga misi pariwisata, seni dan budaya.

"Ini kesempatan kita untuk memperkenalkan kekayaan Sumatera Selatan, ada kuliner, seni budaya dan destinasi wisatanya," kata dia di Palembang, Kamis.

Selain dituntut sportif dalam bertanding, para atlet Fornas juga diharapkan menjadi duta daerah yang santun sehingga para pendatang ini mau kembali ke Sumsel untuk berwisata.

Jumlah Atlet yang Mengikuti Fornas VI di Palembang

Ajang Fornas ini menjadi berkah tersendiri bagi Sumatera Selatan sebagai salah satu daerah di Tanah Air yang menemukan COVID-19 hampir tiga tahun.

Berkat adanya Fornas, perekonomian masyarakat kembali bergeliat terutama sektor hotel, restoran, dan destinasi wisata serta UMKM.

Saat ini terdata sebanyak 34 provinsi ambil bagian pada kegiatan ini dengan total 1.200 orang atlet dan ofisial.

“Hotel-hotel kembali penuh, pempek Palembang banyak dipesan. Artinya Fornas ini menjadi upaya pemulihan ekonomi masyarakat,” kata dia.

Kategori Cabang Olahraga Dalam Fornas VI Palembang

Sementara Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Provinsi Sumsel Samantha Tivani mengatakan terdapat 55 induk olahraga rekreasi dan 10 olahraga ekshibisi yang akan dipertandingkan di Fornas VI 2022.

Ke-55 Induk olahraga tersebut, di antaranya adalah Indonesia e-Sport Association (IESPA), Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF), Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Perkumpulan Sepakbola Gaya Bebas Indonesia (IF3), dan Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi).

Selanjutnya, olahraga ekshibisi di antaranya Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (PORTEDA), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, skateboard, dan sepeda BMX.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.