Pemkot Palembang Uji Kelayakan Gedung Sekolah Demi Keamanan Belajar, Terjunkan Tim Ahli dari Unsri
Pemkot Palembang uji kelayakan gedung sekolah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Uji kelayakan gedung sekolah dilakukan oleh Pemkot Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, guna menjamin keamanan serta kenyaman untuk kegiatan belajar mengajar para siswa dan guru.

Fitrianti Agustinda, Wakil Wali Kota Palembang, menyampaikan tidak ingin terulang kembali peristiwa gedung sekolah di "Bumi Sriwijaya" sebutan untuk Palembang ini roboh, seperti di salah satu gedung sekolah milik Yayasan Ulil Albab di Jalan Sematang Lorong Lumban Meranti, Kelurahan Sako, Kecamatan Sako, Kota Palembang awal Juli 2022.

"Uji kelayakan itu diawali dilakukan di 200 bangunan SD dan 60 SMP yang menjadi tanggung jawab pemkot," kata Fitrianti Agustinda di Palembang, Kamis.

Uji Kelayakan Gedung Sekolah di Palembang Dilakukan Tim Ahli dari Universitas Sriwijaya

Kejadian tersebut, ucapnya, menjadi pelajaran berharga. Untuk itu perlu dilakukan antisipasi dengan melakukan uji kelayakan gedung sekolah.

"Untuk melakukan uji kelayakan gedung sekolah, saya minta Dinas Pendidikan Kota Palembang melibatkan tim ahli dari Universitas Sriwijaya," ujarnya.

Perbaikan Ruang Kelas SD dan SMP di Palembang

Pihaknya juga berupaya melakukan perbaikan ruangan kelas atau sekolah tingkat SD dan SMP yang tersebar di 18 kecamatan di kota setempat.

Perbaikan gedung sekolah akan terus dilakukan secara bertahap dengan melakukan skala prioritas terhadap sekolah yang kondisinya kurang layak untuk kegiatan belajar mengajar.

"Perbaikan gedung sekolah menjadi perhatian dalam kegiatan proyek pembangunan kota ini karena tidak mungkin dapat mencetak sumber daya manusia berkualitas jika tidak ditunjang dengan fasilitas pendidikan yang memadai," kata Fitrianti.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.