Bupati Bangka Tengah Support Warga Kembangkan Budidaya Udang Vaname
Bupati Bangka Tengah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Algafry Rahman, Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak warga untuk mengembangkan usaha ternak atau budidaya udang vaname skala rakyat.

"Tahun ini, kita mulai fokus mengembangkan usaha tambak skala rakyat, tentu saja baik perorangan maupun kami mendorong mengembangkan usaha udang vaname," katanya di Koba, Babel, Senin.

Pemkab Bangka Tengah tahun ini berencana membangun sentra benur udang vaname untuk mendukung program pengembangan tambak udang skala rakyat tersebut.

"Kita akan membangun  hatchery  atau sentra pemijahan benur udang vaname untuk pengembangan budi daya udang skala rakyat di daerah ini," kata bupati.

Bupati menjelaskan Kecamatan Lubuk Besar memiliki potensi untuk dijadikan sentra benur udang vaname dan sekarang sedang mencari titik yang benar-benar strategis sebagai tempat pemijahan.

"Jika sentra benur itu terwujud, maka Bangka Tengah penyedia benur udang pertama di Babel," ujarnya.

Pembangunan Sentra Benur Udang Vaname

Bupati mengatakan pembangunan sentra benur udang vaname tersebut untuk memudahkan para pembudi daya dalam mendapatkan benih.

"Selama ini, benur didatangkan dari luar daerah, tentu dengan biaya operasional yang cukup tinggi. Maka, dibangun sentra benur untuk memenuhi kebutuhan para pembudi daya udang vaname," ujarnya.

Ia mengatakan program tambak skala rakyat ini menjadi bagian dari langkah strategi pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Selama ini, pembudidayaan udang vaname dalam skala besar para pengusaha dengan nilai investasi yang cukup besar dan tidak menguntungkan rakyat dan pemerintah," ujarnya.

Program Pembudidayaan Udang Vaname 

Harus ada terobosan baru dalam menjalankan program pembudidayaan udang vaname dengan melibatkan masyarakat.

"Pemerintah daerah mendukung dari sisi pembiayaan dan fasilitas pendukung lainnya, salah satunya adalah pembangunan sentra benur udang vaname sebagai titik awal untuk mengembangkan program tambak udang vaname skala rakyat," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.