Ratusan Calon Haji OKU Sumsel Terbang ke Mekkah, Diminta Waspada Cuaca Panas
Pelepasan jamaah calon haji (JCH) Kabupaten OKU ke tanah suci Mekkah di Asrama Haji Palembang (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Keberangkatan ke tanah suci Mekkah dijalani oleh ratusan jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, untuk melaksanakan ibadah haji.

"Alhamdulillah hari ini pada pukul 13.25 WIB, sebanyak calon haji OKU sudah diberangkatkan ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji," kata Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ogan Komering Ulu (OKU), Abdul Muis di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, keberangkatan calon haji asal daerah itu tergabung bersama ratusan jamaah lainnya dari Kota Palembang dan Provinsi Bangka Belitung.

"Jadi total keberangkatan dalam Kloter 5 Embarkasi Palembang hari ini sebanyak 450 orang ditambah empat petugas pelayanan haji," ujarnya.

Karantina Jamaah Haji Indonesia Sebelum Berangkat ke Arab Saudi

Semua calon haji yang berangkat ke tanah suci itu sudah melalui proses pemondokan dan karantina selama 24 jam di Asrama Haji Palembang.

Ia mengimbau kepada jamaah selalu menjaga kesehatan selama di tanah suci agar khusuk dalam menjalankan ibadah haji.

Cuaca di Arab Saudi Membuat Jemaah Haji Indonesia Dehidrasi

Selain itu, jamaah diminta banyak mengonsumsi air mineral mengingat suhu di tanah suci saat ini cukup panas mencapai 43 derajat celsius.

"Hal itu dilakukan agar tidak ada jamaah asal OKU yang terpaksa dirawat di rumah sakit setempat akibat mengalami sakit seperti dehidrasi," kata dia.*

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.