43 Calon Haji di Kabupaten OKU Selatan Sumsel Batal Terbang ke Mekkah
Ilustrasi - JCH Indonesia (ANTARA/HO/21)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah 43 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan batal terbang ke Mekkah tahun 2021. Data tersebut berdasarkan laporan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat.

Syarif, Kepala Kemenag OKU Selatan, mengungkapkan pembatalan ini menyusul pernyataan yang disampaikan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Agama di Jakarta pada Kamis 3 Juni 2021.

Calon Jamaah Haji Indonesia 2021 Batal Berangkat karena Pandemi Belum Berakhir

Dalam konferensi pers tersebut pemerintah memutuskan membatalkan keberangkatan seluruh CJH di Indonesia, termasuk jamaah asal Kabupaten OKU Selatan untuk menjalankan ibadah haji.

Puluhan CJH asal Kabupaten OKU Selatan harus kembali menunda keberangkatannya ke tanah suci Mekkah karena pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

"Pertimbangannya karena kesehatan dan keselamatan para jamaah lebih diutamakan," kata dia di Muaradua, Selasa, 9 Juni.

Kemenag OKU Lakukan Sosialisasi Pembatalan Keberangkatan Haji 2021

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada seluruh jamaah tetap bersabar dan berdoa agar wabah pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga tahun depan bisa berangkat ke Mekkah untuk menjalankan ibadah haji.

"Selain untuk memberikan informasi, sosialisasi ini juga dilakukan agar para jamaah memahami situasi pandemi sehingga harus menunggu tahun depan untuk berangkat haji," ujar dia.

Pihaknya juga akan menyosialisasikan terkait keputusan pembatalan haji tersebut kepada seluruh jamaah asal OKU Selatan yang masuk kloter keberangkatan pada 2021.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.