Gotong Royong Bersih 107 Kelurahan Dimulai Kembali oleh Pemkot Palembang, Sempat Terjeda karena Pandemi
Gotong royong di Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Program Gotong Royong pembersihan lingkungan di 107 kelurahan mulai dilaksanakan kembali oleh Pemkot Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan rutin tersebut sempat terhenti selama dua tahun terakhir dampak pandemi COVID-19.

Kegiatan gotong royong tersebut pertama kali dijalankan di aliran Sungai Karang Kuang, Kelurahan 13 Ilir, Kecamatan Ilir Timur I, dengan melibatkan ratusan warga setempat dan dipimpin langsung Wali Kota Palembang Harnojoyo, pada Minggu.

“Kita patut bersyukur bisa dipertemukan kembali menjalankan Program Gotong-royong membersihkan lingkungan, semua ini kita lakukan sebagai komitmen menjaga lingkungan sehingga terhindar dari dampak buruk bencana dan kesehatan,” kata Harnojoyo.

Program Gotong Royong setiap Minggu di Palembang 

Menurutnya, Program Gotong-royong tersebut terus dilakukan secara bergantian ke seluruh kelurahan yang sudah diagendakan berlangsung setiap hari Minggu.

Dari kegiatan tersebut Pemkot Palembang mengharapkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan bisa tumbuh, khususnya tidak lagi membuang sampah di aliran sungai.

“Maka dari itu kami terus mendorongnya melalui program kegiatan seperti ini sekaligus juga mencukupi fasilitas tempat sampah ke setiap lokasi,” ujarnya, selain itu dalam program tersebut Pemkot Palembang juga menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis masyarakat.

Pada pelaksanaan gotong-royong itu, semua kotoran mulai dari tanaman liar dan sampah-sampah rumah tangga di sepanjang aliran Sungai Karang Kuang sepanjang sekitar 500 meter itu dibersihkan oleh warga setempat.

Sosialisasi Kebersihan Lingkungan di Palembang

Warga mengangkut-sampah dari aliran bantuan petugas Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kota Palembang ke truk pengangkut sampah yang kemudian dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Camat Ilir Timur I Palembang Ricky Fernandi mengatakan pihak kecamatan beserta kelurahan terus melakukan sosialisasi dan pengawasan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan aliran sungai itu.

Sosialisasi tersebut dilakukan dengan cara pendekatan yang persuasif yang mana setiap warga dijelaskan karena bila tidak menjaga kebersihan lingkungan dengan sungai itu.

“Hasilnya dapat dilihat dari warga sangat antusias, mereka hadir mengikuti gotong-royong ini yang menjadi komitmen dan harapan kita bersama untuk menjadikan Palembang bersih dan sehat,” katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.