Gubernur Sumsel dan Wali Kota Terjun Bersihkan Sungai Sekanak-Lambidaro, Spesial Dihadiri Ganjar Pranowo
Gotong Royong Bersih Sungai Sekanak-Lambidaro

Bagikan:

PALEMBANG - Herman Deru Gubernur Sumatera Selatan dan Harnojoyo Wali Kota Palembang, turun ikut gotong royong membersihkan bagian Sungai Sekanak-Lambidaro Bersama dengan tamu istimewa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Hari ini adalah gotong royong yang spesial karena langsung dihadiri Gubernur Jawa Tengah Pak Ganjar dan Gubernur Sumsel Herman Deru," kata Harnojoyo sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah kota.

Kegiatan Gotong Royong Bersih Sungai di Kota Palembang

Dia mengatakan bahwa pemerintah kota bersama warga menggerakkan kegiatan gotong-royong membersihkan sungai dan lingkungan sekitar sejak tahun 2015.

Menurut dia, hasil dari upaya itu antara lain terlihat dari kondisi Sungai Sekanak-Lambidaro. Anak Sungai Musi yang panjangnya 11 kilometer itu kondisinya membaik dan mulai menjadi tempat wisata.

Wali Kota mengatakan bahwa pemerintah kota berupaya mempercepat penyelesaian pemulihan Sungai Sekanak-Lambidaro, yang kini baru mencakup dua kilometer dari 11 kilometer dari jalur sungai.

​"Sinergi pemerintah ini harus tetap diiringi dengan kesadaran masyarakat. Maka kami minta masyarakat untuk senantiasa menjaga, sungai ini pada saatnya nanti akan menjadi jalur transportasi sungai dan wisata baru di Kota Palembang," katanya.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menilai upaya pemulihan sungai yang dijalankan oleh Pemerintah Kota Palembang sudah berjalan dengan baik.

"Saya rasa tidak ada yang kurang, dan cukup bagus. Nah sekarang bagaimana cara menumbuhkan kecintaan warga saja akan kebersihan sungai," katanya.

Ganjar Kagum dengan Semangat Gotong Royong Warga Palembang

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memuji semangat gotong royong warga dan Pemerintah Kota Palembang dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya daerah aliran sungai.

"Ini suatu spirit yang luar biasa, gotong royong yang digagas Wali Kota-nya sejak tahun 2015 memberikan hasil yang positif," katanya.

"Jawa Tengah akan belajar nih di Palembang. Saya tidak tahu masa lalunya sungai di Palembang, yang saya ketahui kondisinya sekarang sangat bagus," ia menambahkan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.