Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Pemkot Palembang Siapkan Tim Gerak Cepat
Sekda Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Tim gerak cepat disiapkan oleh Pemkot Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, guna mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi yang biasanya banyak mengakibatkan banjir atau genangan air pada musim hujan November 2021.

"Tim gerak cepat yang beranggotakan gabungan organisasi perangkat daerah (OPD) diharapkan bergerak dengan cepat membantu masyarakat jika terjadi bencana dampak musim hujan itu," kata Sekda Palembang Ratu Dewa di Palembang, Senin.

Tim Gerak Cepat Bantu Masyarakat Menangani Bencana  Banjir

Menurut dia, tim gerak cepat tersebut sewaktu-waktu siap ditugaskan turun ke kawasan permukiman penduduk atau ke lokasi banjir membantu masyarakat dan mengatasi penyebab terjadinya banjir atau genangan air hujan.

Dengan hadirnya tim gerak cepat di tengah-tengah masyarakat yang sedang mengalami banjir, diharapkan dapat meringankan beban penderitaan masyarakat serta mencegah timbulnya korban jiwa dan harta benda dalam jumlah besar.

Dia menjelaskan tingginya intensitas hujan saat ini perlu diwaspadai oleh warga Kota Palembang yang berada di kawasan tergolong rawan banjir.

Tim Gerak Cepat Menggalakkan Gotong Royong Bersih Sungai

Menghadapi situasi tersebut, tim gerak cepat diinstruksikan melakukan pengawasan intensif sejumlah kawasan rawan banjir dengan mengecek permukaan air di beberapa saluran air ketika turun hujan lebat untuk menentukan langkah-langkah penanggulangannya.

Pihaknya juga berupaya menggalakkan gotong royong warga kota ini untuk membersihkan saluran air, sungai, dan anak Sungai Musi dari sampah dan benda lainnya.

"Kegiatan gotong royong pejabat dan pegawai pemkot bersama masyarakat yang telah berjalan dengan baik selama ini diupayakan pada musim hujan lebih digalakkan lagi," ujar Sekda.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.