Keberangkatan Jamaah Haji  Indonesia Sudah Sampai Hari Ketiga, Sudah Berapa Banyak yang Diterbangkan ke Mekkah?
Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin

Bagikan:

PALEMBANG - Pada hari ketiga keberangkatan penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah, telah ada sejumlah 2.046 calon haji yang diterbangkan ke Arab Saudi. Para jamaah haji tersebut berasal dari empat embarkasi yakni Jakarta, Padang, Solo, dan Surabaya.

Akhmad Fauzin, Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama, merinci jumlah jamaah yang berangkat dari masing-masing embarkasi yakni Jakarta Pondok Gede satu kloter dengan jumlah 393 orang, embarkasi Padang sebanyak satu kloter dengan jumlah 393 orang.

"Jumlah rencana keberangkatan jamaah haji di hari ketiga ini sebanyak lima kloter dari empat embarkasi dengan jumlah jamaah secara keseluruhan 2.046 orang," ujar Akhmad Fauzin dalam konferensi pers di Jakarta, Senin 6 Juni.

Kemudian Embarkasi Solo satu kloter dengan jumlah 360 orang dan Embarkasi Surabaya sebanyak dua kloter dengan jumlah masing-masing 450 orang.

Jamaah Haji Asal Indonesia yang Sudah Berangkat ke Arab Saudi 

Jika dihitung sejak hari pertama pemberangkatan, embarkasi Jakarta memberangkatkan tiga kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 1.171 orang, embarkasi Bekasi empat kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 1.635 orang.

Selanjutnya embarkasi Solo empat kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 1.432 orang, embarkasi Surabaya sebanyak dua kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 898 orang, dan embarkasi Padang dua kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 784 orang.

"Dengan demikian sampai hari ini jumlah yang telah diberangkatkan sebanyak 15 kloter atau 15 kelompok terbang dengan jumlah jamaah dan petugas sebanyak 5.920 orang," kata Akhmad.

Jamaah Haji Diminta Mewaspadai Cuaca di Arab Saudi

Penyelenggaraan haji 1443 H/2022 M bertepatan dengan musim panas. Menurut Abdullah, kondisi cuaca rata-rata di Arab Saudi pada hari ini berkisar antara 30 sampai 44 derajat celcius dengan kelembaban rata-rata delapan persen.

"Pesan kami bagi jamaah tetap istirahat yang cukup, minum air putih sebelum haus, dan memakai masker ketika berkumpul di ruangan," kata dia.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.