Kemenag OKU Siap Berangkatkan Jamaah Haji dari Embarkasi Palembang
Keberangkatan haji (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Penyelenggaraan keberangkatan haji ke Arab Saudi sudah siap diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan.

"Segala persiapan telah dilakukan, seperti dokumen, scan paspor, serta kelengkapan calon jamaah semuanya sudah siap," kata Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu Abdul Muis di Baturaja, ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu, Rabu.

Ia mengatakan bahwa 146 calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji serta telah mendapat vaksinasi COVID-19 dan vaksinasi meningitis.

"Jamaah calon haji juga sudah melaksanakan manasik haji menjelang keberangkatan," katanya.

Keberangkatan Jamaah Haji dari Embarkasi Palembang

Menurut dia, jamaah asal Ogan Komering Ulu akan diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Embarkasi Palembang pada Juni 2022. Sebelum diterbangkan ke Arab Saudi, jamaah dari Ogan Komering Ulu akan ditempatkan di Asrama Haji Palembang.

Abdul Muis mengatakan bahwa jumlah warga Ogan Komering Ulu yang bisa berangkat ke Tanah Suci tahun ini lebih sedikit dibandingkan pada masa sebelum pandemi COVID-19.

Kuota Jamaah Haji 2022 Kabupaten OKU

Sebelum pandemi COVID-19 merebak pada awal 2020, ia melanjutkan, jamaah haji asal Ogan Komering Ulu yang bisa berangkat ke Tanah Suci pada musim haji bisa sampai 297 orang.

Ia menjelaskan, kuota jamaah haji kabupaten tahun ini turun karena kuota haji yang didapat pemerintah Indonesia dari pemerintah Arab Saudi juga berkurang. Selain itu, Arab Saudi juga menerapkan batasan usia maksimal 65 tahun untuk jamaah haji tahun ini.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.