AirAsia Buka Kembali Rute Penerbangan Intrernasional di Belitung, Menparekraf; Bangkitkan Pasar Wisata
Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), menyapaikan komitmen dari maskapai penerbangan AirAsia untuk mengoperasikan kembali rute penerbangan internasional di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sandiaga mengatakan dua rute penerbangan internasional yang rencananya akan dibuka kembali yaitu penerbangan dari Belitung menuju Singapura dan Belitung menuju Kuala Lumpur (Malaysia).

"Yang sudah mendapatkan komitmen dari AirAsia," katanya Sandiaga Uno saat mengikuti kegiatan Belitung Triathlon 2022 di Sheraton Belitung Resort, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, Belitung, Minggu.

sudah berkomunikasi dengan CEO AirAsia, Tony Fernandes rencana terkait dibukanya kembali dua rute penerbangan internasional tersebut.

"Tony Fernandes sangat tertarik untuk membuka kembali penerbangan (internasional) langsung," ujarnya. "Karena di Belitung ini ada eco tourism dan ini menjadi pasar mancanegara. Kemudian Belitung memiliki Geopark yang mendapatkan nilai tertinggi dari Unesco," katanya.

Negara Penyumbang Wisatawan ke Indonesia Terbesar

Ia menambahkan, dibukanya kembali rute penerbangan internasional tersebut cukup penting, mengingat Malaysia dan Singapura berpotensi menjadi pasar pariwisata Belitung.

Malaysia dan Singapura merupakan dua negara penyumbang jumlah wisatawan terbesar ke Indonesia selama ini, tahun 2019 wisatawan asal Malaysia ke Indonesia tercatat sebanyak 2,98 juta wisatawan dan Singapura 1,93 juta wisatawan.

Dikatakan dia, selain mendorong dan berupaya agar rute dibuka kembali rute penerbangan internasional tersebut, juga terus melakukan komunikasi dengan maskapai dalam negeri untuk menambah frekuensi penerbangan menuju Belitung.

Pembukaan Rute Penerbangan Internasional di Belitung Bangkitkan Wisata

Ia berharap, rute penerbangan internasional tersebut dapat dibuka kembali guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan membangkitkan ekonomi di daerah itu.

"Dalam beberapa minggu ke depan kami akan memantapkan penerbangan dari Kuala Lumpur dan Singapura. Tidak menutup kemungkinan untuk maskapai lain yang sudah bekerja sama seperti Jet Star, Vietnam Air, VietJetAir, dan beberapa penerbangan internasional lainnya," ujar dia.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.