Garuda Indonesia Hentikan 97 Rute Penerbangan Domestik Maupun Mancanegara, Terdesak Keadaan Keuangan
Pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Wikimedia Commons)

Bagikan:

PALEMBANG - Operasional perusahaan Garuda Indonesia kini dibatasi karena adanya masalah keuangan yang sedang terjadi di perseroan. Kabar terbaru menyebutkan pihak PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bakal menghentikan 97 rute penerbangan, baik dalam negeri maupun internasional.

Irfan Setiaputra, Direktur Utama PT Garuda Indonesia, menyampaikan permohonan maafnya kepada sejumlah anggota dewan dan pemerintah daerah apabila harus menutup rute-rute yang kurang menguntungkan.

Dalam rapat bersama Komisi VI DPR, pada Selasa 9 November, Irfan mengungkapkan rencana rute maskapai bakal dikurangi dari semula 237 menjadi 140 rute.

"Jadi bapak-bapak mohon dukungan seperti yang disampaikan kalau nggak untung kami tutup. Tarakan kami akan tutup banyak maaf, mohon maaf. Ini kami tegas termasuk ke Pemda dan Gubernur," kata Irfan, dalam rapat kerja dengan Komisi VI, Selasa, 9 November.

PT Garuda Indonesia Bakal Seleksi Rute Penerbangan yang Menguntungka

Lebih lanjut, Irfan mengatakan bahwa selama ini perseroan terdesak untuk membuka rute yang tidak menguntungkan titik dikarenakan maskapai pelat merah tersebut juga mengalami banyak tekanan pembukaan rute.

Menurut Irfan, perusahaan menanggung kerugian akibat beroperasi di rute-rute yang tidak mendorong pendapatan. Pendapatan yang diperoleh maskapai dari rute-rute tertentu ini tidak sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan.

"Komisi VI bantu sepakati, kami lakukan bisnis plan, Garuda harus untung. Kita tahu sulit bikin untung, salah satunya terdesak ada banyak tekanan buka rute," ucapnya.

Garuda Indonesia Mengurangi Jumlah Pesawat yang Melayani Penerbangan

Kebijakan tersebut juga sejalan dengan akan berkurangnya jumlah pesawat yang melayani penerbangan. Jumlah pesawat yang saat ini 202 unit bakal berkurang menjadi 134 di tahun 2022.

Kata Irfan, hal ini lantaran sebagian besar pesawat bakal kena grounded oleh lessor. Langkah penutupan sejumlah rute penerbangan ini jika dilakukan sebagai jaminan kepada lessor bahwa perusahaan akan menguntungkan di masa mendatang.

"Yang bikin masalah ada excitement

Namun, kata Irfan, penerbangan ke China masih akan tetap dilakukan karena menguntungkan. Sebab, penerbangan ke sana juga membawa kargo.

"Ke China, Australia masih terbang karena untung isi kargo. Sekarang terbang seminggu sekali. Jeddah kita masih tutup," ucapnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.