Tancap Gas di Awal Tahun, Bandara AP II Buka Rute Penerbangan Baru
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Memasuki tahun baru 2024, bandara-bandara PT Angkasa Pura II (AP II) bersama maskapai membuka rute-rute penerbangan baru.

Tercatat ada lima bandara di bawah kelolaan AP II yang membuka rute penerbangan baru.

SVP of Corporate Secretary AP II Deni Krisnowibowo mengatakan rute-rute baru yang dibuka itu merupakan rute penerbangan langsung atau direct flight.

Deni bilang, pembukaan rute-rute baru ini bertujuan untuk semakin mempermudah akses penerbangan bagi masyarakat, serta meningkatkan kontribusi terhadap sektor pariwisata dan perekonomian nasional

“Kami berharap semakin memudahkan perjalanan udara masyarakat baik untuk pariwisata atau perjalanan bisnis,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu, 21 Januari.

Deni mengatakan, pembukaan rute baru ini sebagai upaya AP II untuk terus menjaga momentum pertumbuhan lalu lintas penerbangan setelah dihantam pandemi COVID-19 pada 2020 hingga 2022.

“Tentunya pembukaan rute memperhatikan potensi dan permintaan yang ada,” ujarnya.

Lima Bandara AP II Buka Rute Baru

Berdasarkan data per 21 Januari 2024, Deni mengatakan pada Januari hingga Februari 2024, terdapat lima bandara AP II yang membuka rute penerbangan baru.

“AP II berkolaborasi dengan maskapai dan ground handling serta didukung penuh Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan dan InJourney Holding dalam membuka rute-rute baru,” kata Deni.

Berikut bandara AP II yang membuka rute baru penerbangan langsung pada Januari hingga Februari 2024 berdasarkan data per 21 Januari:

1. Bandara Kualanamu

Bandara Kualanamu bersama maskapai Qatar Airways membuka rute penerbangan Medan-Doha (Qatar) mulai 15 Januari 2024. Rute ini dioperasikan Qatar Airways sebanyak tiga kali seminggu menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) Boeing 787 atau dikenal juga dengan Dreamliner.

Bandara Kualanamu sendiri dikelola oleh PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) yang merupakan bagian dari AP II.

2. Bandara Radin Inten II

Bandara Radin Inten II membuka konektivitas Lampung-Denpasar yang dilayani oleh maskapai Indonesia AirAsia mulai 17 Januari 2024 dengan frekuensi empat kali seminggu.

Rute baru ini mengkoneksikan dua destinasi wisata di Indonesia yang sudah terkenal dengan keindahan pantainya.