Persiapan Sambut G20, UMKM Belitung Dibekali Bahasa Asing
UMKM di Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pelaku UMKM di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dibekali kecakapan berbahasa asing oleh Pemkab setempat. Langkah tersebut dilakukan guna memudahkan UMKM berkomunikasi dengan delegasi dalam ajang G20 mendatang.

"Ada sekitar sebanyak 65 pelaku UMKM yang disiapkan termasuk nantinya akan dibekali dengan kemampuan berbahasa asing," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Belitung, Adnizar di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, kemampuan berbahasa asing menjadi modal yang sangat penting untuk memudahkan berkomunikasi dengan para delegasi dari berbagai negara peserta G20.

Ia menjelaskan pembekalan dan pembelajaran bahasa asing kepada para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu akan dilakukan oleh Dinas Pariwisata setempat.

"Kemampuan bahasa asing sangat penting untuk menjelaskan narasi dan gambaran produk mereka seperti apa," ujarnya.

Pelatihan UMKM Belitung Sambut G20

Selain itu, Adnizar menambahkan pihaknya juga akan memberikan pendampingan dan pelatihan kepada pelaku UMKM untuk memperkuat kompetensi dalam menyambut penyelenggaraan berbagai kegiatan G20.

"Seperti kelengkapan dokumen perizinan usaha, kemasan, narasi produk dan lokasi usaha," katanya.

UMKM di Belitung Manfaatkan G20 untuk Promosi

Ia memastikan pertemuan Menteri Pembangunan G20 di Belitung merupakan kesempatan berharga bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produk mereka.

"Memang tidak semua UMKM akan dikunjungi oleh delegasi karena memang ada aturan dan ketentuan lain namun nanti produk-produk UMKM akan kami tampilkan di Galeri KUKM Belitung," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.