Pengemis Marak Bermunculan Menjelang Lebaran, Dinsos Sumsel Tingkatkan Razia
Kondisis pengemis di lampu merah Kota Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Operasi penertiban pengemis musiman dilakukan oleh petugas Dinas Sosial Sumatera Selatan bersama petugas di sejumlah kabupaten dan kota menjelang lebaran Idulfititri 2022.

Mirwansyah, Kepala Dinas Sosial Sumsel, mengatakan pengemis musiman lebaran yang akhir-akhir ini di sekitar pusat perbelanjaan, pasar tradisional, dan perempatan lampu dikeluhkan masyarakat mengganggu aktivitas dan kenyamanan sehingga perlu dilakukan tindakan penertiban.

Razia Pengemis Dilakukan secara Intensif oleh Dinas Sosial Palembang

Untuk melakukan operasi penertiban pengemis musiman itu, petugas Dinas Sosial yang didukung Satpol PP secara intensif melakukan patroli ke kawasan yang biasa dijadikan tempat para pengemis beraksi meminta-minta.

Dalam operasi penertiban tersebut pembinaan untuk pengemis yang beraksi di jalanan dan pusat keramaian mungkin merupakan gangguan umum.

"Petugas diinstruksikan melakukan kegiatan operasi penertiban pengemis secara humanis dan tindakan penangkapan merupakan langkah terakhir," ujarnya.

Jika pengemis terbukti berkali-kali terjaring petugas yang melakukan patroli operasi penertiban, tindakan penangkapan diambil.

Dinas Sosial Palembang Razia Pengemis Dibina di Panti Sosial

Pengemis yang membandel atau berkali-kali tidak mematuhi peringatan kepada petugas dan dibawa ke panti sosial untuk dilakukan pembinaan. Pengemis yang telah dilakukan pembinaan dan memiliki keluarga akan diserahkan ke pihak keluarga.

Sedangkan bagi pengemis yang tidak memiliki keluarga, akan ditampung di panti sosial untuk mengikuti program rehabilitasi dan diberikan keterampilan keterampilan sehingga ketika dibaurkan kembali ke masyarakat bisa menjalani kehidupan dengan mencari nafkah sesuai keterampilan yang diperoleh selama menjalani rehabilitasi sosial, kata Kadinsos.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.