Harga Ikan Gabus Giling di Palembang Melonjak Tinggi Menjelang Lebaran, Diburu Orang untuk Bahan Pempek
Ikan gabus giling (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Terjadi kenaikan harga ikan gabus giling di Kota Palembang, Sumatera Selatan, menjelang lebaran Idulfitri 1443 Hijriah. Harga bahan baku utama pempek yang mulanya dari Rp50.000 hingga Rp60.000 per kilogram kini menjadi Rp80.000 hingga Rp95.000 per kilogram.

Pada Senin (25/4) harga ikan gabus di Pasar Tradisional Sekip Palembang menjadi Rp95.000/kg dan menjelang tiga hari (H-3) lebaran diperkirakan harganya lebih tinggi lagi mencapai di atas Rp100.000/kg.

Pemilik usaha Pempek Sodop di Jalan Bidar Kampus POM IX Palembang, Fakhlani, Senin, memperkirakan harga ikan gabus giling bisa naik lagi seiring dengan permintaan pempek untuk hidangan pada Hari Raya Idul Fitri.  

Ikan Gabus Bahan Baku Utama Pembuatan Pempek

Menurut dia, harga ikan gabus melambung karena warga kota ini banyak membutuhkan bahan baku utama pembuatan pempek. Kondisi tersebut cukup menyulitkan produsen karena selain harus mengeluarkan biaya yang lebih besar, juga membuat dirinya harus berkeliling ke pasar untuk menemukan banyak gabus dalam jumlah banyak.

Permintaan Ikan Gabus di Palembang Melambung Tinggi Sebabkan Kenaikan Harga

Sementara itu, pedagang ikan di pasar tradisional Sekip Ujung, Suwandi, menjelaskan harga ikan gabus sekarang melonjak hingga Rp95.000 per kilogram.

Melonjaknya harga ikan gabus sekarang ini dipengaruhi permintaan cukup tinggi sementara pasokan tetap. "Pasokan ikan dari sejumlah daerah Palembang ke pasar ini tidak bisa mengharapkan permintaan dari luar, kondisi tersebut mendorong harga bahan baku pempek itu melambung," ujarnya. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.