Permintaan Tinggi Pasokan Tetap, Harga Ikan Gabus di Palembang Melambung Sampai Rp95.000/Kilogram
Ikan gabus bahan baku pempek (ANTARA)

Bagikan:

PALEMBANG - Harga ikan gabus giling sebagai bahan baku utama pempek di Palembang, Sumatera Selatan, menjelang Hari Raya Idulfitri melambung menjadi Rp80.000 hingga Rp95.000 per kilogram dalam beberapa hari terakhir. Harga awal per kilogram sekitar 

Rp50.000-Rp60.000.

Pemilik usaha Pempek Sodop di Jalan Bidar Kampus POM IX Palembang, Fakhlani  memperkirakan, harga ikan gabus giling bisa naik lagi seiring lonjakan permintaan pempek untuk hidangan pada Idulfitri.

Menurut dia, harga ikan gabus melambung karena warga kota ini banyak membutuhkan bahan baku utama pembuatan pempek.

Kondisi tersebut cukup menyulitkan produsen karena selain harus mengeluarkan biaya produksi yang lebih besar,  juga membuat dirinya harus berkeliling ke sejumlah pasar untuk mendapatkan ikan gabus dalam jumlah banyak.

Hal senada juga diungkapkan pedagang ikan di pasar tradisional Sekip Ujung, Suwandi. Suwandi bilang harga ikan gabus sekarang ini melonjak hingga Rp95.000 per kilogram.

Melonjaknya harga ikan gabus sekarang ini dipengaruhi permintaan cukup tinggi sementara pasokan tetap.

"Pasokan ikan dari sejumlah daerah sekitar Palembang ke pasar ini tidak bisa mengimbangi tingginya permintaan, kondisi tersebut mendorong harga bahan baku pempek itu melambung," ujarnya.