Harga Daging sapi di Bangka Tinggi: Capai Rp140 Ribu Per Kilogram, Inilah Alasannya
Kepala Bidang Perdagangan Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Daging sapi dijual dengan harga tinggi di pasar tradisional Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Harga daging sapi mencapai Rp140 ribu sampai Rp160 ribu per kilogram.

Decky Friandi, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, mengungkapkan Tingginya harga komoditi daging sapi di tingkat pedagang eceran pasar tradisional menurut dia karena menurunnya pasokan akibat sebaran varian penyakit mulut dan kaki (PMK) pada sapi.

"Di pasar induk tradisional Sungailiat diketahui harga daging sapi segar mencapai Rp140 ribu per kilogram sedangkan di pasar tradisional Belinyu sebesar Rp160 ribu per kilogram," kata Decky Friandi di Sungailiat, Selasa.

Kenaikan Harga Daging Sapi Menjelang Iduladha

Harga daging sapi berpotensi masih mengalami kenaikan di tingkat eceran seiring dengan tingginya permintaan masyarakat menjelang perayaan Lebaran Idul Adha.

Untuk mengantisipasi melonjaknya permintaan daging dan komoditi kebutuhan pokok masyarakat kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Perum Bulog serta distributor kebutuhan bahan pangan pokok di Kota Pangkalpinang.

Penyediaan Daging Sapi oleh Bulog Menjelang Iduladha

Dijadwalkan mendekati Lebaran Iduladha seperti biasa akan dibuka operasi pasar untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga standar melibatkan Perum Bulog dan sejumlah distributor.

"Hanya saja biasanya daging yang disediakan pihak Perum Bulog dalam operasi pasar berupa daging beku," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.