Angka Kemiskinan di Kota Palembang; Bakal Dientaskan pada 2023
Seorang warga tengah menjemur pakaian di salah satu kawasan penduduk berpenghasilan menegah ke bawah di Kota Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Pengentasan angka kemiskinan sedang menjadi prioritas Pemkot Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Program tersebut bagian dari Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023.

Harrey Hadi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Palembang, menyampaikan angka kemiskinan di Palembang masih sebanyak 192.000 orang.

Di mana, angka tersebut tersebar di hampir 18 kecamatan yang ada di Palembang. Bahkan, terdapat sekitar 10 persen dari jumlah itu masuk dalam kategori masyarakat miskin ekstrem yang kedepannya ditarget turun jadi 0 persen.

"Penanganan permasalahan kemiskinan yang masih cukup tinggi itu menjadi fokus prioritas Pemkot," kata dia.

RKPD 2023 Pemkot Palembang

Menurut Harrey, selain menurunkan angka kemiskinan, pada RKPD 2023 Pemkot juga berfokus pada kesehatan, perekonomian pascapandemi dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang madani.

Termasuk, dalam hal pemerataan peningkatan infrastruktur, pelestarian lingkungan serta penanggulangan bencana, hingga optimalisasi reformasi birokrasi dan stabilitas politik hukum dan keamanan (Polhukam).

Prioritas Pembangunan Pemkot Palembang

Sebab, Pemkot berupaya selain melaksanakan percepatan pembangunan juga melaksanakan pemerataan pembangunan.

"Semua itu masuk dalam rencana kerja prioritas Pemkot pada 2023 dan juga berharap adanya sinergi dari semua pihak terkait untuk merealisasikannya," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menyajikan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.