Belitung Timur Mengalami Penurunan Angka Kemiskinan Sebesar 0,8 Persen Dibanding Tahun Sebelumnya
Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Belitung Timur (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengalami penurunan angka kemiskinan pada 2020 tercatat 6,52 persen. Jumlah tersebut berkurang 0,8 persen jika dibandingkan angka pada 2019 sebanyak 6,60 persen.

"Angka kemiskinan melihat dari angka menunjukkan grafik penurunan, mudah-pada pada 2021 terus turun karena sedang dalam pendataan," kata Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar dalam rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan di Manggar, Kamis.

Menurut Anwar, angka kemiskinan di daerah itu masih di bawah rata-rata nasional namun di atas rata-rata provinsi.

"Saya minta pengentasan kemiskinan berjalan sinergis dan berkelanjutan yakni melaksanakan penguatan kelembagaan dan peningkatan peran sistem layanan dan rujukan terpadu," ujarnya.

Layanan dan Rujukan untuk Menghubungkan Masyarakat Miskin dengan Perlindungan Sosial

Ia mengatakan, layanan dan rujukan terpadu untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin, rentan miskin dan menghubungkan mereka dengan program perlindungan sosial yang dilakukan pemerintah.

"Kemudian memastikan penerima manfaat atas program penanggulangan kemiskinan benar-benar tepat sasaran," ujarnya.

Program Pembangunan Penanggulangan Kemiskinan

Sementara Sekretaris Bapelitbangda Kabupaten Belitung Timur, Ronny mengatakan rapat koordinasi ini sangat penting guna membahas pelaksanaan berbagai program pembangunan khususnya masalah penanggulangan kemiskinan.

"Berbagai program dan strategi dilakukan untuk penanggulangan kemiskinan, antara lain upaya perbaikan data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.