Diskominfo Belitung Memastikan Kelancaran Jaringan Internet saat Pelaksanaan KTT G20
Diskominfo Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Jaringan internet di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dipastikan lancar saat penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Menteri G20 pada 7-9 September 2022.

"Kami terus mempersiapkan diri untuk memberikan layanan koneksi internet yang baik dan lancar kepada para delegasi tingkat menteri KTT G20," kata Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Belitung, Apdian Mudie Priyambudi di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, Diskominfo Belitung berkoordinasi dengan pihak Internet Service Provider (ISP) di daerah itu untuk menyiapkan kelancaran koneksi internet di dua lokasi Hotel Sheraton di Sijuk sebagai lokasi utama acara dan Media Center KTT G20 di Tanjung Pandan.

"Pihak ISP sudah menyanggupi untuk kecepatan internet 400 Mbps di Hotel Sheraton, namun saat in baru 20 Mbps sehingga harus ditingkatkan lagi sekitar 380 Mbps ," ujarnya.

Akses Layanan Internet di Belitung untuk Pelaksanaan KTT G20

Ia mengatakan kecepatan internet yang dibutuhkan di lokasi Media Center pelaksanaan Pertemuan Tingkat Menteri G20 sebesar 100 Mbps.

"Kami terus mempersiapkan ini dan ditargetkan rampung pada bulan Juli 2022," katanya

Selain itu, katanya, Diskominfo Belitung menyiapkan akses layanan internet yang lancar bagi para delegasi ketika sedang berada di luar lokasi pelaksanaan KTT G20 pada 7-9 September 2022.

"Misalnya, ketika mereka sedang berada di lokasi destinasi wisata, maka kami pastikan koneksi internet di sana lancar karena para delegasi akan 'mobile' atau bergerak mengunjungi banyak tempat," ujarnya.

Layanan 5G di Belitung pada Saat KTT G20

Bupati Belitung Sahani Saleh telah mengirim surat kepada Kementerian Kominfo perihal permohonan dihadirkan layanan 5G di Belitung guna menyukseskan pelaksanaan KTT G20.

"Meskipun saat ini 5G baru ada di kota-kota besar, dengan adanya KTT G20  kami sangat berharap layanan 5G bisa hadir di Belitung," katanya.

Ia berharap upaya yang dilakukan dapat memberikan kenyamanan bagi para delegasi dalam mengakses internet selama berlangsungnya KTT G20.

"Karena bagaimana pun saat ini layanan internet telah menjadi kebutuhan primer bagi seseorang," ujarnya.

Ikuti terus  berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.