Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat; Pemprov Sumsel Minta Dukungan dari DPD
Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Dukungan dari anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) diminta oleh Pemprov Sumatera Selatan untuk merealisasikan pembangunan Pelabuhan Samudera Tanjung Carat di Kabupaten Banyuasin.

Permintaan dukungan tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya pada saat menerima kunjungan rombongan Komite II DPD yang dipimpin Abdullah Puteh  di Palembang, Senin.

Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat Dapat Mendongkrak Ekonomi Masyarakat Daerah

Menurut Wagub, pembangunan pelabuhan Tanjung Carat mendesak karena pelabuhan Boom Baru di Sungai Musi Palembang tidak bisa dikembangkan dan sandar kapal besar.

"Kami sangat mengharapkan bantuan DPD melakukan  percepatan pembangunan pelabuhan Tanjung Carat," ujarnya.

Pembangunan pelabuhan Tanjung Carat diyakini dapat mendongkrak pertumbuhan ekomoni di provinsi yang dilalui jalur lintas timur Sumatera itu

Melalui pembangunan pelabuhan baru  tersebut, diharapkan kegiatan ekspor komoditas unggulan seperti karet, kopi, minyak kelapa sawit, batu bara, dan lainnya yang selama ini menjadi salah satu pendorong ekonomi di Sumsel akan semakin mudah,  katanya.

Perkembangan Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat

Sementara Pimpinan I Komite II DPD RI Abdullah Puteh menjelaskan bahwa kunjungan kerja  ke Sumsel dalam rangka pengawasan atas pelaksanaan Undang Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang pelayaran.

Selain menggali informasi perkembangan persiapan pembangunan pelabuhan Tanjung Carat, pihaknya juga meminta tanggapan dari pihak terkait mengenai UU Cipta Kerja mengenai hal apa saja yang perlu dilakukan perbaikan, ujar Abdullah Puteh.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.