Pemkab Bangka Tengah Menerapkan Sistem Lelang Elektronik Bekerja Sama dengan KPKNL Pangkalpinang
Wakil Bupati Bangka Tengah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sistem lelang elektronik terhadap barang milik daerh diterapkan oleh Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Tahun ini lelang barang milik daerah sudah sistem elektronik, kita bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang," kata Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian di Koba, Senin.

Sistem Lelang Elektronik Terhadap Kendaraan Dinas

Ia menjelaskan, lelang sistem elektronik terhadap barang milik daerah terutama untuk kendaraan dinas lebih transparan dan akuntabel.

"Lelang sistem elektronik ini memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada kepada masyarakat umum untuk bisa mengikuti acara lelang secara terbuka dan adil," katanya.

Sistem Lelang Elektronik Memberikan Kontribusi Bagi PAD

Pemkab Bangka Tengah berharap lelang sistem elektronik ini terealisasi dengan baik dan memberi kontribusi terhadap peningkatan PAD.

Sementara Kepala Bidang Aset pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangka Tengah, Wanisa mengatakan, pelaksanaan lelang kendaraan dinas secara online bekerjasama dengan KPKNL Pangkalpinang dan berjalan dengan sukses, baik dan lancar.

"Ini merupakan pengalaman pertama Pemkab Bangka Tengah melaksanakan lelang secara online dari awal proses sampai pelaksanaannya. Mudah-mudahan ini menjadi pemicu untuk melaksanakan kegiatan lelang selanjutnya,” ujar Wanisa.

Ia menjelaskan, dari 40 item barang dibuat menjadi 33 lot karena ada beberapa barang yang dijadikan 1 lot yang berasal dari 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengajukan usulan penjualan kendaraan dinas untuk dilelang dan hasilnya dari seluruh barang terjual.

“Harapan ke depannya kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap pertengahan tahun supaya persiapannya lebih optimal dan peserta lelangnya lebih banyak lagi dari sekarang," ujarnya.

 Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.