Cara Ikut Lelang PS5 dan Nintendo di Kemenkeu
Lelang Nintendo (lelang.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Masyarakat bisa mengikuti lelang barang elektronik yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan, mulai dari mesin cuci, PS5, hingga nintendo. Namun, disarankan untuk mengetahui cara ikut lelang PS5 dan Nintendo di Kemenkeu.

Cara Ikut Lelang PS5 dan Nintendo di Kemenkeu

Perlu diketahui bahwa lelang yang diadakan oleh DJKN dilakukan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta I. Masyarakat bisa melihat tampilan dan harga barang melalui situs Lelang Indonesia di lelang.go.id. Barang yang dilelang memiliki nilai rimit paling rendah mulai Rp250 ribu.

Bagi masyarakat yang baru pertama kali mengikuti lelang, cara ikut lelang yang pertama dilakukan adalah dengan membuat akun di situs lelang.go.id. Peserta akan mendapat email aktivasi yang berisi link dari lelang DJKN Kemenkeu. Buka email tersebut lalu klik lunk dan aktifkan akun. Peserta akan langsung diarahkan ke situs Lelang Indonesia.

Setelah akun berhasil dibuat, masyarakat bisa mulai mengikuti lelang PS5, Nintendo, hingga mesin cuci. Berikut ini cara ikut lelang barang elektronik, dikutip dari DJKN Kemenkeu.

  • Buka situs go.id di browser
  • Klik “Daftar” jika belum memiliki akun. Jika sudah, klik “Masuk” menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya
  • Setelah itu cari objek lelang dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian
  • Klik objek lelang yang diinginkan
  • Klik ikut lelang. Peserta diharuskan melengkap data yang diminta mulai dari KTP, NPWP, dan nomor rekening pengembalian dana
  • Peserta diwajibkan menyetorkan uang jaminan dengan jumlah sesuai ketentuan. Pembayaran bisa dilakukan melalui berbagai metode seperti ATM, teller, i-Banking, atau SMS banking
  • Mulai ajukan penawaran lelang dengan harga lebih tinggi dari limit yang tertera. Untuk penawaran lelang yang dilakukan secara offline, peserta harus melakukan hadir di Divisi CRR, Gedung BRI II lt .21, Jalan P Sudirman Kav 44-46, Jakarta Pusat.
  • Jika lelang berhasil dimenangkan, peserta harus melakukan pelunasan dalam jangka waktu selambat-lambatnya lima hari kerja dengan membayarkan nominal sesuai yang tercantum dalam aplikasi Lelang Indonesia
  • Peserta akan mendapatkan uang jaminan lelang jika tidak berhasil memenangkan lelang. Uang ditransfer ke rekening yang sebelumnya sudah diajukan.

Harga PS5 dan Nintendo yang Dilelang di Kemenkeu

Kemenkeu melelang berbagai barang elektronik melalui KPKNL 1. Jadwal pelelangan barang elektronik akan digelar mulai tanggal 12 dan 13 Oktober dengan sistem lelang lisan. Artinya peserta harus menghadiri pelelangan atau e-konvensional.

Barang elektronik yang dilelang pun beragam dengan harga jauh murah dibanding harga pasaran seperti TV, kulkas, Apple Watch, Nintendo Switch, dan PlayStation 5 (PS5).

Sebagai contoh, harga Nintendo Switch HAC-001 dilelang dengan harga mulai dari Rp250 ribu, sedangkan harga pasarannya masih sekitar Rp3.5 juta.

Selain itu ada pula disc version Japan yang di pasaran harga masih dibanderol sekitar Rp7 juta. Kemenkeu sendiri melelang disc version Japan mulai dari Rp1 juta.

Itulah cara ikut lelang PS5 dan Nintendo di Kemenkeu. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.