20 Desa di OKU Ditargetkan BNNK OKU Timur Bersih Narkoba pada 2022
Ilustrasi narkoba (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Sejumlah 20 desa di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan , ditargetkan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) menjadi kawasan bersih dari peredaran narkoba pada tahun 2022.

"Pada tahun ini ada 20 desa di OKU Timur ditargetkan menjadi Desa Bersih Narkoba (Bersinar)," kata Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, AKBP Efri Tambunan di Martapura, Senin.

Desa yang Melaksanakan Program P4GN secara Mandiri

Dia menjelaskan Desa Bersinar merupakan desa yang melaksanakan Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) secara mandiri, baik itu kegiatan pencegahan, pemberantasan, dan rehabilitasi.

Sejauh ini, kata dia, desa di Kabupaten OKU Timur yang menyandang status Desa Bersinar baru Desa Muncak Kabau yang diresmikan pada tahun 2021

Peresmian Desa Muncak Kabau sebagai Desa Bersinar karena memenuhi beberapa indikator, seperti telah melaksanakan kegiatan pencegahan dan pengendalian narkoba secara mandiri di desa setempat.

Selain itu, masyarakat di wilayah itu sebagian besar sudah memahami tentang bahaya akibat narkoba dan mampu menangkal sedini mungkin.

"Desa Muncak Kabau ini diharapkan menjadi contoh bagi 20 desa lainnya di OKU Timur agar dapat menyandang status yang sama tahun ini," katanya.

Poliklinik Desa untuk Merehabilitasi Pengguna Narkoba

Ia akan mendorong pemerintah setempat agar setiap desa didukung poliklinik desa dalam rangka rehabilitasi korban rehabilitasi narkotik.

"Desa di OKU Timur akan dibentuk relawan dan penggiat antinarkoba agar peredarannya dapat sedini mungkin," ujarnya.

Ikuti terus terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .