BNN OKU Timur Targetkan 20 Desa Bersih Narkoba, Gencarkan P4GN
Ilustrasi narkoba (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah 20 desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan, ditargetkan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) menjadi Desa Bersih Narkoba (Bersinar) pada 2022.

"Tahun ini ada 20 desa di OKU Timur yang ditargetkan menjadi Desa Bersinar," kata Kepala BNN Kabupaten OKU Timur AKBP Efri Tambunan di Martapura, Senin.

Dia mengatakan pembentukan Desa Bersinar sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap narkoba di wilayah Kabupaten OKU Timur.

Langkah Pencegahan Narkoba di Desa di Sumsel

Adapun tujuan pembentukan Desa Bersinar  tidak lain untuk mendorong upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) hingga ke tingkat bawah, yakni desa dan kelurahan dengan melibatkan aparatur pemerintah dan masyarakat di desa maupun kelurahan setempat.

Pada program Desa Bersinar ini, katanya, dilaksanakan kegiatan pencegahan, pemberdayaan masyarakat, dan rehabilitasi pecandu atau pengguna narkoba.

Selain itu, kata dia, dalam bidang pencegahan BNNK OKU Timur melaksanakan beberapa program nasional, salah satunya pembentukan Remaja Teman Sebaya.

Mencegah Narkoba di Kalangan Remaja

Program ini bertujuan membentuk lingkaran remaja teman sebaya yang saling mendukung dan memiliki ketahanan tinggi dalam menangkal penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya, papar dia.

Kemudian program lainnya, seperti Ketahanan Keluarga Anti-Narkoba yang bertujuan meningkatkan ketahanan keluarga mulai dari ayah, ibu, dan anak dalam membentengi diri dari penyalahgunaan narkoba.

"Melalui upaya ini diharapkan desa di Kabupaten OKU Timur bersih dari narkoba," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.