Polres OKU Memperketat Pengamanan di Wilayah Perbatasan, Akses Kedatangan dan Kepergian Diperbolehkan
Tim gabungan Polres OKU menjaga keamanan lalu lintas (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pengamanan daerah di perbatasan OKU dengan empat kabupaten/kota diperketat oleh Polres Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, selama masa Natal dan Tahun Baru 2022. Empat kabupaten/kota tersebut, yakni OKU Selatan, OKU Timur, Muaraenim, dan Kota Prabumulih.

"Dalam pengamanan, kami menyiapkan empat posko di setiap lokasi perbatasan dengan Kabupaten OKU," kata Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo di Baturaja, Senin.

Ratusan personel gabungan dalam Operasi Lilin Musi 2021 yang digelar sejak Kamis (23/12) hingga 2 Januari 2022 tersebut disebar di setiap posko pengamanan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang bermobilitas pada akhir tahun 2021.

Akses Kedatangan dan Kepergian di OKU Diperbolehkan saat Natal dan Tahun Baru dengan Prokes Ketat

Menurut Kapolres, Operasi Lilin Musi 2021 dilakukan fleksibel, namun tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes), dalam artian warga dipersilakan berpergian dan datang ke OKU, namun wajib mematuhi prokes.

Salah satunya, ujar dia, setiap pendatang yang berkunjung ke Kabupaten OKU diwajibkan membawa sertifikat keterangan sudah divaksin.

Personel di posko akan memeriksa setiap pengendara yang melintas di jalur tersebut untuk memastikan prokes tetap terjaga.

"Anggota kami akan memasang stiker tanda sudah atau belum divaksin pada setiap kendaraan milik pengendara yang diperiksa petugas di lapangan," tegasnya.

Bahkan, jika diketahui pendatang yang berkunjung ke OKU belum divaksin maka akan langsung diarahkan ke puskesmas terdekat untuk disuntik vaksin COVID-19.

Operasi Lilin Musi 2021 saat Natal dan Tahun Baru

Selain di perbatasan, lanjut dia, dalam Operasi Lilin Musi 2021 pihaknya menyiapkan empat posko pelayanan terpadu di pusat keramaian di Citimall dan Ramayana Baturaja, serta di tempatkan di lokasi objek wisata Goa Putri di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji.

"Penempatan posko pengamanan dan pelayanan ini untuk memberikan keamanan, kenyamanan, dan pelayanan kepada masyarakat dalam bermobilitas pada akhir tahun," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.