Malam Tahun Baru Dibikin Sepi Selama 6 Jam; Polda  Metro Jaya Terapkan CFN di Jakarta, Ada Apa?
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo (Foto: DOK VOI/Rizky AP)

Bagikan:

PALEMBANG - Skema Crowd Free Night (CFN) diterapkan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal pada saat pergantian tahun atau malam tahun baru untuk membuat Jakarta menjadi sepi dari mobilitas. Penerapan CFN dilakukan selama 6 jam dan beberapa lokasi wisata ditutup.

"(Pemberlakuan CFN, red) Dimulai pukul 22.00 WIB sampai 04.00 WIB," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu, 22 Desember.

Beberapa Lokasi di Jakarta yang Bakal Ditutup saat Malam Tahun Baru

Dalam skema itu, ada beberapa lokasi yang bakal ditutup. Semisal, Jalan Sudirman-Thamrin, Jalan Mulawarman Senopati, SCBD satu kawasan, dan Menteng.

Kemudian, kawasan Cikini Raya, Sabang, Kemayoran, Asia-Afrika, Bulungan, Barito, Kemang, Banjir Kanal Timur, dan Kota Tua.

Aturan Jam Operasi Tempat Hiburan Malam pada Saat Pergantian Tahun

Nantinya, dalam penerapan skema itu, tempat hiburan seperti karaoke dan kafe hanya boleh beroperasi hingga pukul 22.00 WIB. Setelah melewati batas waktu, petugas akan menutup kawasan itu sehingga tidak ada masyarakat yang bisa masuk.

"Orang luar nggak boleh masuk tapi dari dalam boleh keluar. Nanti ada petugas sisir satu-satu kafe. Agar pukul 22.00 WIB Kafe tutup dan sepi pengunjung, sehingga tak ada pesta kembang api," kata Sambodo.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.