Persiapan Melakukan Mudik Lebaran 2022; Polisi Siagakan Personel 24 Jam Cegah Kejahatan yang  Mengincar Pemudik
Polda Metro Jaya (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Tindak kejahatan rawan meningkat selama musim lebaran. Untuk mencegah terjadinya tidak kejahatan yang mengincar pemudik, Polda Metro Jaya menyiagakan personel selama 24 jam pada saat Idulfitri 2022.

"Kami juga sudah menyiagakan 24 jam anggota agar kejahatan seperti bius, penipuan, copet, jambret, dan sebagainya bisa kita minimalisir," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Rabu.

Hal itu disampaikan Fadil saat meninjau Stasiun Senen bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto.

"Fadil juga mengatakan pihak KAI telah memasang kamera pengawas atau CCTV di beberapa titik vital dan akses stasiun untuk memonitor dan mencegah terjadinya aksi kejahatan terhadap calon penumpang kereta.

Pelaku Kriminal Mengincar Pemudik Lebaran

Kombinasi petugas dan sistem pengawasan via "CCTV" tersebut dinilai manjur memberikan efek gentar kepada pelaku kriminal yang mencoba mengincar pemudik yang tengah sibuk mempersiapkan keberangkatannya.

"Semua perilaku yang berniat melakukan kejahatan bisa diantisipasi. Sampai dengan saat ini saya tanya kepala posko khususnya Stasiun Pasar Senen belum ada laporan kriminalitas," kata Fadil.

Melakukan Manajemen Perjalanan saat Mudik Lebaran

Fadil mengatakan hal tersebut juga didukung oleh masyarakat yang mulai memahami pentingnya manajemen perjalanan saat mudik untuk merayakan Lebaran 1443 Hijriah.

"Ini antara lain karena manajemen perjalanan masyarakat saya pikir sudah mulai menyadari mengatur perjalanan aman dam nyaman," tutur Fadil.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.