Pemkot Palembang Mengoptimalkan Layanan Perpustakaan Keliling untuk Meningkatkan Minat Baca
Perpustkaan Keliling Pemkot Palembang (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Layanan perpustakaan keliling dioptimalkan oleh Pemkot Palembang, Sumatera Selatan, guna mendongkrak mintat baca warga kota setempat.

"Tiga unit perpustakaan keliling atau mobil pintar pada 2022 pengoperasiannya lebih dimaksimalkan lagi di taman kota dan kawasan permukiman penduduk di wilayah 18 kecamatan," kata Sekda Kota Palembang Ratu Dewa di Palembang, Senin.

Menurut dia, pengoptimalan itu untuk mendukung program Gemar Membaca yang dijalankan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sejak beberapa tahun terakhir.

Dengan mengoptimalkan unit pelayanan bergerak itu, diharapkan masyarakat lebih mudah mendapatkan bahan bacaan yang pada akhirnya membaca buku menjadi suatu kegemaran warga "Kota Pempek" ini.

"Kami akan terus berupaya melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta kualitas sumber daya manusia warga kota ini sehingga daya saingnya semakin tinggi," ujarnya.

Layanan Perpustakaan Keliling Berguna Untuk Meningkatkan SDM Masyarakat Kota Palembang

Dia menjelaskan pengetahuan dan wawasan warga "Bumi Sriwijaya" ini perlu ditingkatkan sehingga memiliki daya saing yang tinggi menghadapi persaingan global yang semakin ketat.

Selain mengoptimalkan pelayanan perpustakaan keliling di 107 kelurahan tersebar di 18 kecamatan, pada setiap kesempatan Wali Kota Harnojoyo bersama jajaran termasuk istri pegawai negeri sipil yang tergabung dalam kelompok PKK, memberikan motivasi kepada masyarakat agar selalu membaca.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan program yang bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan warga kota ini dapat berjalan sesuai harapan bersama.

Perpustakaan Keliling Pemkot Palembang Mendapat Animo Tinggi dari Masyarakat

Berdasarkan evaluasi pelayanan perpustakaan keliling dan mobil pintar yang beroperasi di kawasan permukiman penduduk mendapat sambutan hangat dari warga kota dengan ramai-ramai memanfaatkan buku dan fasilitas yang disediakan di unit pelayanan bergerak itu.

"Melihat tingginya animo masyarakat memanfaatkan perpustakaan keliling, selain memaksimalkan pengoperasiannya juga berupaya memperbanyak koleksi buku serta menambah fasilitas pendukung yang dapat meningkatkan daya tarik pelajar dan masyarakat umum memanfaatkan perpustakaan tersebut," ujar dia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.