Dinas Perpustakaan Sumsel Selenggarakan Festival Literasi di Bulan Agustus
Galakkan minat baca pelajar (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan merencanakan menggelar festival literasi di Palembang pada 6-8 Agustus 2022 untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat terutama pelajar.

"Pada Agustus 2022 kami akan menggelar festival literasi yang melibatkan pelajar dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel," kata Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel Fitriana, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, melalui festival literasi diharapkan dapat memotivasi masyarakat meningkatkan kemampuan untuk belajar, membaca, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga, dan bermasyarakat.

Kemudian diharapkan pula dapat mendongkrak tingkat kegemaran membaca masyarakat di 17 kabupaten dan kota dalam wilayah provinsi ini yang sudah cukup tinggi mencapai 58 persen.

"Tingkat kegemaran membaca masyarakat provinsi ini sudah cukup tinggi, meskipun demikian akan diupayakan naik lebih tinggi lagi hingga 60 persen lebih pada 2022 ini," ujarnya.

Untuk meningkatkan kegemaran membaca sesuai target tersebut, pihaknya berupaya mengoptimalkan pengoperasian perpustakaan daerah, perpustakaan keliling, dan layanan bacaan digital secara daring.

Budaya Baca Meningkat pada Saat Pandemi COVID-19

Dia menjelaskan bahwa pada masa pandemi COVID-19 dua tahun terakhir masyarakat banyak mengurangi aktivitas di luar rumah, dan memanfaatkan sebagian waktunya untuk membaca.

Kegemaran membaca masyarakat tersebut akan terus dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan berupaya memberikan kemudahan untuk mengakses perpustakaan serta memenuhi bahan bacaan yang dibutuhkan.

Untuk memberikan kemudahan masyarakat mengakses perpustakaan, selain menambah fasilitas dan koleksi buku di gedung perpustakaan daerah, pihaknya juga berupaya menghadirkan perpustakaan keliling di daerah pelosok.

Layanan Bacaan Digital

Kemudian terus berupaya menghadirkan buku-buku dalam bentuk digital dan mengoptimalkan layanan bacaan digital secara daring yang kini telah memiliki koleksi bahan bacaan 1.045 judul.

"Dengan upaya tersebut diharapkan bisa membuat masyarakat hingga di daerah pelosok menjadi akrab dengan buku atau sumber literasi lainnya," kata Fitriana.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.