Perpusnas Distribusikan 3.500 Buku ke Perpusdes di Bangka Barat
Penyaluran buku dari Perpusnas ke Perpusda di Bangka Barat

Bagikan:

PALEMBANG- Sejumlah 3.500 buku disalurkan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) kepada pengelola perpustakaan desa (perpusdes) di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Program tersebut bertujuan mendorong minat baca warga di daerahnya agar lebih meningkat.

"Bantuan buku sebanyak 3.500 eksemplar ini merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemerintah dalam mewujudkan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat Ismantho di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan, sebanyak 3.500 eksemplar buku tersebut selanjutnya disalurkan kepada lima perpustakaan tingkat desa, masing-masing mendapatkan 700 eksemplar buku dengan jumlah judul buku 350.

Lima Perpusatakaan di Bangka Barat yang Mendapat Bantuan Buku dari Perpusnas

Lima perpustakaan yang mendapatkan bantuan tersebut, masing-masing perpustakaan Desa Airbelo, Belolaut, Ketap, Puput, dan Perpusdes Sekar Biru.

"Sebelumnya para pengelola perpustakaan dan perangkat desa juga sudah mendapatkan pelatihan atau bimbingan teknis yang dilaksanakan Perpusnas agar pelayanan semakin baik," katanya.

Ia berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat desa setempat guna menunjang pendidikan dan perekonomian warga.

"Selain menambah koleksi buku di perpustakaan, bantuan buku ini juga sebagai sumber ilmu dan pengetahuan yang bisa membantu memecahkan berbagai masalah sehari-hari terutama dan membantu meningkatkan perekonomian warga," katanya.

Bantuan Buku dari Perpusnas Diharapkan Tingkatkan Pengetahuan Warga Desa Airbelo

Kepala Desa Airbelo, Beni Asbandi mengapresiasi bantuan buku tersebut untuk mendukung pengembangan perpustakaan di Desa Airbelo.

"Dengan adanya bantuan ini kami harapkan perpustakaan akan semakin banyak dikunjungi sehingga minat baca meningkat dan menambah pengetahuan warga desa," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.