Minat Baca Masyarakat Sumsel Cukup Tinggi, Perpusda; Capai 58 Persen
Perpustakaan keliling di Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Tingkat kegemaran membaca masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan masuk kategori cukup tinggi. Dinas Perpustakaan Daerah menyatakan minat baca di provinsinya sebanyak 58 persen.

Fitrianti, kata Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Sumsel, mengatakan tingkat kegemaran membaca masyarakat tersebut akan meningkat lebih tinggi hingga 60 persen pada 2022 ini.

Untuk meningkatkan kegemaran membaca masyarakat sesuai target tersebut, berupaya mengoptimalkan pengoperasian perpustakaan daerah, perpustakaan keliling, dan bacaan layanan digital secara berani. Kegemaran membaca masyarakat tersebut akan terus dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan berupaya memberikan kemudahan untuk mengakses perpustakaan serta memenuhi bahan bacaan yang dibutuhkan.

Menurut dia, pada masa pandemi COVID-19 dua tahun terakhir masyarakat banyak mengurangi aktivitas di luar rumah, dan memanfaatkan sebagian waktunya untuk membaca.

Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat mengakses perpustakaan, selain itu menambah fasilitas dan koleksi buku di gedung perpustakaan daerah, juga menambah perpustakaan keliling di daerah pelosok.

Kemudian terus berupaya menghadirkan buku-buku dalam bentuk digital dan mengoptimalkan layanan bacaan digital secara berani yang kini memiliki koleksi bahan bacaan 1.045 judul.

Dengan upaya tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat hingga di daerah pelosok menjadi akrab dengan buku atau sumber literasi lainnya, ujar Kadis Perpustakaan itu.

Pemkot Palembang Meningkatkan Operasi Perpustakaan Keliling 

Sementara sebelumnya Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan berupaya meningkatkan pengoperasian perpustakaan keliling untuk meningkatkan minat baca warga kota setempat.

"Tiga unit perpustakaan keliling atau mobil pintar pada 2022 pengoperasiannya lebih dimaksimalkan lagi di taman kota dan kawasan yang dikunjungi penduduk di wilayah 18 kecamatan," ujarnya.

Perpustakaan Keliling untuk Mendukung Program Gemar Membaca

Pengoptimalan perpustakaan keliling itu untuk mendukung program Gemar Membaca yang dijalankan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sejak beberapa tahun terakhir.

Dengan mengoptimalkan unit pelayanan bergerak itu, diharapkan masyarakat lebih mudah mendapatkan bahan bacaan pada akhirnya membaca buku menjadi suatu kegemaran warga Bumi Sriwijaya ini, kata Wawako.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.