Pemprov Sumsel Dukung Penuh Langkah Penggunaan Obat Tradisional di Rumah Sakit
Wakil Gubernur Sumsel bersama DPRD Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Rumah Sakit Umum Mohammad Hoesin Palembang memprakarsai penerapan layanan medis kesehatan memakai obat tradisional nusantara. Langkah tersebut mendapat dukungan penuh dari Pemprov Sumatera Selatan.

Mawardi Yahya, Wakil Gubernur Sumsel di Palembang, Senin, mengatakan, ide penggunaan obat tradisional merupakan terobosan yang baik apalagi obat tersebut sudah dimanfaatkan lebih dahulu oleh masyarakat sebelum mengenal obat kimia, karena dianggap memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Sehingga bila rumah sakit memadukan penggunaan obat tradisional dengan obat-obat kimia tentu yang diharapkan proses penyembuhan dapat lebih baik.

“Pemerintah pasti mendukung karena ide ini bagus. Paling tidak penggunaan obat kimia bisa diseimbangkan dengan obat tradisional bila digunakan di rumah sakit,” kata dia.

Obat Tradisional Menjadi Alternatif Pengobatan yang Menggunakan Bahan Kimia

Sementara Direktur Utama RSUP Mohammad Hoesin Palembang, Bambang Eko Sunaryoto mengatakan, obat-obatan tradisional menjadi alternatif dari pengobatan menggunakan obat bahan kimia.

Obat tradisional yang digunakan meliputi ramuan herbal rempah-rempah untuk pengobatan berbagai penyakit seperti jamu-jamuan dan minyak oles yang sebelumnya sudah melewati proses penelitian sehingga aman untuk digunakan.

“Penggunaan obat tradisional seperti jamu-jamuan sudah kami terapkan kepada pasien yang membutuhkan pelayanan,” ujarnya.

Berbagai Manfaat Mengonsumsi Obat Tradisional

Menurutnya, penggunaan obat tersebut sifatnya lebih kepada pencegahan dan penguatan daya tahan tubuh selebihnya masih menggunakan obat kimia, dengan kadar yang telah ditentukan sesuai kebutuhan pasien.

Obat tradisional digunakan untuk jenis penyakit seperti diare, kolesterol, asam urat, diabetes militus, ataupun penyakit jantung atau lainnya sesuai rekomendasi dari dokter yang menangani.

“Sesuai kebutuhan dan rekomendasi dari dokter tujuannya untuk meningkatkan kesehatan pasien dan mendukung kearifan lokal,” katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.