Sumsel Aktifkan Satu "Tower" Tambahan di Wisma Atlet Jakabaring untuk Rawat Pasien COVID-19
Petugas membersihkan halaman rumah sehat COVID-19 Wisma Atlet tower 8, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (12/5/2021). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nz)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemprov Sumatera Selatan mulai mengoperasikan satu "tower" aktif untuk tempat perawatan pasien COVID-19 di Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Lesty Nurainy, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan menyampaikan kebijakan tersebut karena jumlah konfirmasi pasien COVID-19 di wilayah itu meningkat dari 63 persen menjadi 84 persen atau 2.454 orang dalam satu pekan terakhir.

"Langkah ini sebagai antisipasi jika ruang rawat inap di rumah sakit rujukan COVID-19 sudah penuh," katanya, di Palembang , Minggu, 11 Juli.

Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Sumatera Selatan

Ia menjelaskan sebanyak 18 rumah sakit rujukan yang merawat pasien COVID-19 saat ini tingkat keterisian ruang perawatannya rata-rata 30-50 persen.

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah beriringan dengan kasus-kasus aktif harian naik 2,7 persen.

Dengan adanya penambahan satu tower di Wisma Atlet JSC tersebut diharapkan dapat mendukung kebutuhan ruang perawatan di rumah sakit.

"Wisma Atlet Jakabaring sudah siap diefektifkan. Bila kondisi berubah sewaktu-waktu sudah bisa digunakan," kata Lesty Nurainy.

Pasien yang Dirawat di Wisma Atlet Jakabaring Palembang

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Trisnawarman sebelumnya mengatakan para pasien yang dirawat di Wisma Atlet Jakabaring saat ini merupakan rujukan dari rumah sakit dan puskesmas di Kota Palembang.

Seluruhnya mencakup 213 pasien diantaranya 125 orang pasien laki-laki dan 88 orang pasien perempuan dengan rentang usia 20-40 tahun. Mereka dirawat oleh 50 tenaga kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.

"Melihat kondisi tersebut penambahan satu menara di Wisma Atlet JSC sangat relevan," demikian Trisnawarman.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .