Penghargaan KLA Diraih oleh Bangka Tengah; Pelopori Perlindungan Anak di Daerah
Bupati Bangka Tengah, Provinsi Babel Algafry Rahman (FOTO ANTARA/ahmadi)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) 2021 kategori Madya.

"Ini penghargaan yang sudah lima kali kita raih sejak 2013, kami terima secara virtual karena situasi pandemi," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman usai menerima penghargaan itu secara virtual di Ruang Rapat Bupati Bangka Tengah, Kamis.

Algafry Rahman mengatakan lima kali menerima penghargaan KLA merupakan prestasi dan bentuk komitmen pemerintah dalam menjadikan daerah ini sebagai tempat yang aman dan damai bagi anak.

"Kita mampu memenuhi kurang lebih 24 indikator penilaian dari kementerian terkait," kata Algafry Rahman .

Forum Anak Berperan Besar dalam Penghargaan KLA yang Diraih Bangka Tengah

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Bangka Tengah, dr Dede Lina, mengatakan keberhasilan meraih penghargaan tersebut karena keterlibatan berbagai pihak.

"Banyak pihak yang terlibat dalam meraih penghargaan tersebut, terutama peran orang tua dan Forum Anak Kabupaten Bangka Tengah," ujarnya.

Menurut dia Forum Anak Kabupaten Bangka Tengah menjadi ujung tombak dalam menjadikan daerah ini tempat yang layak bagi anak.

"Anggota Forum Anak Bangka Tengah sudah tersebar hingga ke seluruh desa, mereka bekerja sangat maksimal dengan prinsip sebagai pelopor dan pelapor," katanya.

Penghargaan KLA Bangka Tengah Menjadi Polopor Perlindungan Anak

Menurut dia forum ini mampu menjadi pelopor untuk perlindungan anak daerah dan menjadi pelapor dari berbagai persoalan yang terjadi kepada anak.

"Kendati kita sudah meraih penghargaan KLA 2021, namun bukan berarti kasus kekerasan terhadap anak sudah terkikis habis, namun setidaknya kita terus berupaya meminimalkan," demikian Dede Lina.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.