Program Sekolah Ramah Anak Dioptimalkan, Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman di Lingkungan Pendidikan
DP2KBP3A Bangka Tengah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Program sekolah ramah anak dioptimalkan oleh Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung . Langkah tersebut dilakukan guna menciptakan lembaga pendidikan yang aman dan nyaman bagi peserta didik.

"Sekolah ramah anak ini merupakan program unggulan kami dalam rangka menciptakan rasa aman, nyaman dan sekolah menjadi rumah kedua bagi anak," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bangka Tengah Dede Lina Lindayanti di Koba, Selasa.

Lina menjelaskan instrumen sekolah ramah anak itu mempersiapkan semua fasilitas pendidikan dan tenaga mental didik yang membuat anak merasa aman, nyaman dan menyenangkan.

"Sekolah ramah anak ini juga merupakan bagian dari indikator dalam rangka menaikkan peringkat Kabupaten Layak Anak (KLA) menjadi tingkat madya," katanya.

Guru Sekolah Diminta Berinovasi dan Berkreasi

Mewujudkan sekolah ramah anak, kata Lina, tidak hanya untuk pelajar saja, tetapi juga kalangan guru diminta lebih memotret dan berkreasi dalam mendidik.

"Kita ingin ke depan sekolah ramah anak ini mampu menjadi pendorong dalam rangka menciptakan menciptakan yang berkualitas, unggul, berdaya saing tinggi, berakhlakul karimah," jelasnya.

Pengembangan Sekolah Rama Anak Bekerja Sama dengan Kemenag

Ia mengatakan pengembangan sekolah ramah anak bukan hanya pada sekolah umum, melainkan sampai ke madrasah dan pesantren.

"Kita bekerja sama dengan Kemenag Bangka Tengah dalam memberikan pendampingan konseling psikologis," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.