Satgas Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan 7 Hektar di Ogan Ilir Sumsel, Polisi Lakukan Penyelidikan Penyebab Karhutla
Lahan 7 hektare di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan terbakar (Foto: Humas BNPB)

Bagikan:

PALEMBANG- Satuan Tugas telah berhasil membayar lahan seluas 7 hektare di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Satgas yang terhimpun dari BPBD, Manggala Agni, TNI, Polri, dan masyarakat, dapat menjalankan tugas berjibaku beberapa hari dengan titik api.

"Hingga hari ini, BPBD Ogan Ilir melaporkan bahwa titik api semuanya berhasil dipadamkan," kata Plt Kapusdatinkom Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Jumat, 30 Juli.

Abdul Muhari menyebut, kini aparat kepolisian melakukan penyelidikan terkait kebakaran lahan tersebut. "Petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan atas penyebab kebakaran di tiga titik tersebut," ujar dia.

Kebakaran Lahan 7 Hektare di Ogan Ilir Meluas di Tiga Desa

Abdul muhari menjelaskan, lokasi terbakar meluas di tiga desa yang tersebar di tiga kecamatan, yaitu Desa Salatiga di Kecamatan Indralaya, Desa Lubuk Keliat di Kecamatan Lubuk Keliat dan Desa Sungai Rambutan di Kecamatan Indrala Utara.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir melaporkan area kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Indralaya Utara lebih luas dibandingkan di Kecamatan Lubuk Keliat dan Kecamatan Indralaya.

Abdul Muhari melanjutkan, pemadaman ini juga diupayakan menggunakan jet shutter, spray nozzle dan helikopter yang didukung oleh BNPB.

"Para petugas memanfaatkan sumber air dari kanal untuk pemadaman karhutla. Satgas segera melakukan pendinginan atau pembersihan setelah pemadaman pada area terbakar," jelas dia.

Kendala Pemadam Kebakaran Lahan 7 Hektare di Ogan Ilir

Meski berhasil dipadamkan, ternyata petugas sempat mengalami kendala. Kendala yang dihadapi di lapangan yaitu lokasi yang sulit dijangkau karena terdapat rawa-rawa yang harus diseberangi.

Lalu, pagi ini, satgas gabungan juga melakukan pengecekan lapangan dan pembalahan di sekitar titik api munculnya api dari lahan yang sudah padam.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .