Sekolah Tatap Muka Akan Digelar Juli, KPAI Laporkan 20 Persen Sekolah Belum Siap PTM
Ilustrasi sekolah (Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG - Mendikbud Nadiem Makarim mencanangkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tahun ajaran baru 2021 akan mulai dilakukan pada Juli mendatang. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatukan masih ada 20,46 persen sekolah yang belum siap menggelar program PTM tersebut.

Data tersebut diambil dari hasil pengawasan KPAI pada 42 sekolah di 12 kabupaten/kota, 7 provinsi. Periode pengawasan dilakukan sepanjang bukan Januari sampai Juni 2021.

"Memang kita tidak bisa datang di semua sekolah. Tapi setidaknya sebagai sampel ini juga menggambarkan kondisi," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti kepada wartawan, Minggu, 6 Juni.

KPAI Melakukan Pemantauan Kesiapan PTM di Tujuh Provinsi

Ketujuh Provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Barat dan Banten. 

12 kabupaten/kota yang dimaksud adalah Kota Batam, Kabupaten Ketapang, Pangandaran, Pandeglang, Kota Serang, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Mojokerto. 

"Adapun hasilnya menunjukkan kesiapan PTM yang mencapai 79,54 persen, dan yang belum siap hanya 20,46 persen," ungkap dia.

Pengawasan Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka Tahun 2020

Retno menyebut, angka ini meningkat dari pengawasan tahun 2020. Tahun lalu, KPAI melakukan pengawasan penyiapan buka sekolah di 49 sekolah pada 21 kabupaten/kota di 9 Provinsi. 

Adapun 9 Provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bengkulu, dan NTB. 

"Hasil pengawasan tahun 2020 menunjukkan ketidaksiapan sekolah sebanyak 83,3 persen dan hanya 16,7 persen sekolah yang siap PTM di masa pandemi," ujarnya.

21 kabupaten/kota yang masuk dalam pengawasan KPAI, di antaranya Kota Bekasi, kabupaten Bekasi, Kota Bogor, kabupaten Bogor, Subang, Kota Bandung, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Solo, Kota Semarang, Kota Magelang, kabupaten Tegal, Kota Yogyakarta, Madiun, Kabupaten Seluma, Kota Bengkulu, Kota Mataram, Lombok Barat dan Kabupaten Bima. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .