Disdik OKU Sampaikan 99 Persen Sekolah Siap Jalankan PTM
ILUSTRASI pembelajaran tatap muka (Foto dari ANTARA)

Bagikan:

PALEMBANG - Alfarizi, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu, menyampaikan 99 persen sekolah di daerahnya sudah siap menjalankan program Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

"99 persen sekolah di Kabupaten OKU mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga SMP siap menggelar proses belajar tatap muka," kata Alfarizi di Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Rabu.

Hanya saja, kata dia, untuk berlatih tatap muka masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

Dinas Pendidikan OKU Tidak Gegabah Melaksanakan PTM

Tidak mau gegabah mengambil alih PTM tanpa petunjuk dari pusat mengingat pandemi masih di berbagai daerah, termasuk di Kabupaten OKU, Provinsi Sumatera Selatan .

"Sejauh ini OKU siap menggelar proses belajar tatap muka, namun karena pemerintah pusatnya melarang maka kami memilih untuk mematuhi peraturan tersebut agar tidak mencegah agar kelas baru di sekolah," katanya.

Menurut Alfarizi, setiap sekolah di OKU saat ini sudah menyiapkan persiapan PTM mulai dari menyediakan tempat cuci tangan, membatasi jam belajar yang hanya dua jam sehari serta membatasi jumlah siswa di setiap kelas hanya 50 persen.

Satgas COVID-19 untuk Mengontrol Protokol Kesehatan saat PTM

Selain itu, setiap sekolah juga telah membentuk tim satgas COVID-19 yang memantau siswa agar mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama proses belajar.

Kemudian sebanyak 99 persen tenaga pendidik di lingkungan Disdik OKU baik yang berstatus ASN maupun non-ASN juga sudah divaksin.

"Mudah-mudahan setelah proses vaksinasi anak usia 12-17 tahun di OKU yang saat ini sedang berlangsung, proses PTM dapat segera dilaksanakan," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .