Harga Daging Sapi di Tanjung Pandan Melonjak Jelang Lebaran, Jadi Rp140.000 Per Kilogram
Pedagang daging melayani pembeli di Pasar . (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)

Bagikan:

BELITUNG - Daging sapi di pasar Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengalami lonjakan harga sebanyak Rp10.000 per kilogram.

Rita Yuliani, Kepala Bidang Usaha Dinas Koperasi UKM Bidang Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, menyampaikan kenaikan harga terjadi karena permintaan masyarakat sangat tinggi menjelang Idulfitri 1442 Hijriah .

Harga daging sapi yang semula Rp130 ​​ribu per kilogram menjadi Rp140 ribu per kilogram karena naiknya permintaan. Kenaikan harga terjadi sejak dua minggu terakhir.

"Kenaikan harga daging sapi sudah terjadi sejak dua minggu terakhir karena permintaan masyarakat di bulan Suci Ramadhan ," tuturnya.

Dinas Koperasi UKM Belitung Awasi Kenaikan Harga Pengawasan dan penurunan

harga daging sapi yang terus digencarkan oleh pihaknya. Pihaknya akan terus menjaga agar harga masih dalam batas peningkatan yang normal.

"Kami kenaikan kenaikan harga tidak melebihi Rp150 ribu per kilogram jadi masih sama seperti tahun kemarin," tuturnya.

Sedangkan untuk fakta daging sapi dipastikan cukup guna memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

"Untuk stok kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan stoknya cukup kemudian Perum Bulog akan mendatangkan daging beku mencapai 10.000 ton jadi stok dipastikan cukup," ujar Rita.

Harga Kebutuhan Pokok Masih Normal Menjelang Lebaran

Sedangkan untuk harga bahan pokok lainnya, lanjut Rita, sampai sekarang ini masih normal dan tidak mengalami kenaikan.

"Kalau harga-harga lainnya masih normal seperti harga beras Rp12 ribu per kilogram dan cabai rawit sekarang Rp55 ribu per kilogram," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI