Pemkab Belitung Sediakan 166 Ekor Sapi untuk Kebutuhan Idulfitri 1442 Hijriah
Sebanyak 166 ekor sapi kebutuhan Idul Fitri 1442 Hijriah yang didatangkan dari Pulau Madura tiba di pelabuhan Tanjung Pandan (babel.antaranews.com/Apriliansyah)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemkab Belitung mengumpulkan 166 ekor sapi untuk menyediakan kebutuhan daging pada perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah. Sapi tersebut didatangkan dari Madura, Jawa Timur, yang diseberangkan lewat Pelabuhan Tanjung Pandan.

Suparman, Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan ratusan sapi tersebut dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam masa Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Mudah-mudahan dengan adanya kedatangan sapi ini serta tambahan lagi pada Sabtu (8/5) bisa mencukupi kebutuhan masyarakat khususnya di Kabupaten Belitung ," katanya.

Stok Sapi di Belitung Cukup Untuk Memenuhi Kebutuhan Idulfitri

Dia memastikan, pernyataan sapi potong di daerah itu cukup guna memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Idulfitri 1442 Hijriah .

Dijelaskannya, selain dari Pulau Madura sebanyak 45 ekor sapi kebutuhan lebaran yang didatangkan dari Pangkalpinang akan segera tiba di daerah itu pada, Sabtu (8/5) mendatang.

"Berdasarkan kondisi kemarin H-8 lebaran itu jumlah stok sapi yang ada di sekitar Tanjung Pandan yaitu sapi dalam keadaan siap dipotong sejumlah 70 ekor," ujarnya.

Harga Anakan Sapi Naik di Sejumlah Penangkaran

Menurut dia, kenaikan harga sapi yang terjadi dalam waktu dekat ini disebakan oleh beberapa faktor di antaranya naiknya harga anakan sapi di sejumlah penangkaran.

Ia menambahkan, di tempat penangkar sapi baik dari Lampung maupun Madura mengalami peningkatan harga. Harga anakan sapi di sana naik.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .

Terkait