Pemkab Musi Banyuasin Jamin Perusahaan Migas Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal
Lokasi eksplorasi Repsol di Blok Sakakemang, Bayung Lincir, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. ANTARA/HO

Bagikan:

Dodi Reza Alex, Bupati Musi Banyuasi, menjamin akan menarik tenaga kerja lokal sebagai pekerja di perusahaan minyak dan gas yang ada di daerahnya.

Ia mengungkapkan, program tersebut bakal terwujud dalam waktu dekat. Hadirnya peluang tersebut karena di Muba akan ada pusat sertifikasi pelatihan migas.

"Kami sudah membuat perjanjian kerja sama dengan SKK Migas, sehingga tenaga kerja lokal ini benar-benar profesional yang berkualifikasi nasional hingga global," tuturnya, Selasa, 13 April 2021 ..

Lebih lanjut, ia menuturkan Pemkab Muba dan SKK Migas telah bertanda tanga untuk Nota Kesepakatan tentang Sinergi Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Berkaitan dengan Pengelolaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi di Kabupaten Muba , Sumsel , pada 8 April 2021.

Tenaga Kerja Lokal Diharapkan Jadi Prioritas di Perusahaan KKS

Ke mitraan tersebut dilakukan hearts Rangka saya nyusun Pengembangan strategi Dan roadmap Pengelolaan SDM Lokal Bidang migas . Hal itu dilakukan agar pengembangan, perencanaan, dan penyiapan SDM lokal sesuai kebutuhan dan tepat sasaran.

P erusahaan KKS dengan aset ladang eksplorasi di Muba perlu memprioritaskan pekerja lokal di daerah tersebut. Sehingga SDM manusia yang ada di sana bisa berkembang dan mengurangi angka pengangguran .

"Ini kami tekankan juga ke PT Repsol dalam eksplorasi di Blok Sakakemang," ujar Dody.

Potensi Gas Sebanyak 2 Triliun Kaki Kubik

Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Muba mendorong percepatan operasional Blok Sakakemang di Kecamatan Bayung Lencir setelah di lokasi tersebut ditemukan potensi gas sebanyak 2 triliun kaki kubik (TCF) pada 2019.

Terkait penggunaan SDM lokal ini, Pemkab Muba melalui APBD TA 2022 telah mengalokasikan dana untuk pengembangan SDM Muba sektor migas ini.

Peningkatan SDM Bidang Migas dan Perkebunan

Sebelumnya, Pemkab Muba menggandeng perusahaan pelatihan ketenagakerjaan PT Petrotekno untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang industri migas dan perkebunan.

Peningkatan kemampuan SDM ini tak lain untuk meningkatkan pengembangan potensi daerah karena merupakan daerah penghasil minyak dan gas, dan memiliki ribuan hektera areal perkebunan sawit dan karet.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .