Polda Sumsel Jalankan Operasi Penertiban 10 Pelanggaran; Upaya Dukung Larangan Mudik Pemerintah
Kapolda Sumsel, Irjen Pol.Eko Indra Heri S memeriksa pasukan yang terlibat dalam operasi keselamatan musi 2021 di Palembang, Senin (12/4). (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Bagikan:

Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan menjalakan kegiatan penertiban lalu lintas untuk mendukung program pemerintah larangan mudik lebaran . Operasi Keselamatan Musi 2021 digelarkan untuk menertibkan 10 kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kecelakaan dan mengganggu jalannya arus lalu lintas.

Kegiatan tersebut digelar semalam 14 hari. Jajaran kepolisian mengawali kegiatan tersebut dengan pasukan apel di bawah pimpinan Sumsel Irjen Pol.Eko Indra Heri S, selaku Kapolda Sumsel , Senin , 12 April 2021. Dalam kesempatan tersebut,

Kapolda Sumselmenyampaikan Sasaran Utama Operasi Keselamatan memfokuskan PADA 10 Prioritas pelanggaran Yang can memicu terjadinya Kecelakaan.

10 prioritas keselamatan tersebut, di antaranya tidak memakai sabuk keselamatan, tidak helm SNI, belum punya SIM, keselamatan di bawah umur.

Lalu, berkendara Sambil pria goperasikan Gawai, berkendara Melawan Arus, berkendara melebihi Batas KECEPATAN, berkendara hearts pengaruh alkohol, pelanggaran Odol (Over Dimensi-Over Beban ) Dan Kendaraan Tanpa TNKB Yang Sah.

Ditlantas Gelar Operasi Penertiban di 17 Kota

Pihaknya menerangkan, penertiban 10 pelanggaran tersebut bertujuan untuk review mewujudkan Dan memelihara Keamanan, Ketertiban Dan kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) , Keselamatan, Serta saya ngurangi Tingkat fatalitas Korban Kecelakaan . Operasi yang berlangsung selama 14 hari ke depan tersebut, Ditlantas dan jajaran akan fokus melakukan penertiban di 17 kabupaten / kot a .  

Selain menciptakan kamseltibcarlantas, misi lain dari operasi tersebut adalah untuk menumbuhkan budaya tertib berlalu lintas dan mendorongb peningkatan kualitas pelayanan publik. 

"Kegiatan ini mengusung tema Melalui Operasi Keselamatan 2021 Kita Wujudkan Kamseltibcarlantas yang Mantap dan Pencegahan Penyebaran COVID-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan serta tidak melaksanakan mudik lebaran Idulfitri 1442 Hijriyah," tuturnya .

Operasi Penertiban sebagai Upaya Cegah Penyebaran COVID-19

Selain itu yang menjadi target lainnya adalah terkait permasalahan Pandemi COVID-19, upayakan pencegahan penyebarannya dengan mendukung upaya pemerintah salah satunya larangan mudik lebaran kepada seluruh pihak kecuali pergerakan angkutan barang dan keperluan dinas kedekatan.

Pos Lalu Lintas di Pintu Tol dan Perlintasan Utama

Sementara Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel, Kombes Pol. Cornelis Hotman Sirait menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri 1442 H, pihaknya bersama melaksanakan kegiatan keselamatan edukasi tertib lalu lintas.

Dalam kegiatan edukasi, pihaknya memberikan penjelasan tentang masyarakat tentang berbagai bencana yang menyebabkan kecelakaan dan gangguan kelancaran arus lalu lintas.

Kemudian mengenai larangan mudik lebaran perlu juga melayani masyarakat sebagai tindakan antisipasi penyebaran COVID-19.

untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait larangan mudik lebaran, pihaknya membuat pos di tempat-tempat perlintas utama seperti pintu tol dan pintu masuk lainnya, ujar dirlantas.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .