Pemkab Bangka Tengah Akan Bangun Galeri untuk Fasilitasi UMKM Pamerkan Produk Lokal
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman (ANTARA/ahmadi)

Bagikan:

Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan membuat galeri khusus untuk fasilitas pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Galeri tersebut akan digunakan untuk menampilkan produk khas lokal yang dibuat oleh UMKM setempat.

"Kita akan siapkan galeri khusus untuk memajang produk khas lokal milik para pelaku UMKM, untuk memudahkan mereka dalam memasarkannya," tutur Algafry Rahman, Bupati Bangka Tengah, Senin, 12 April 2021.

Lebih lanjut, ia menyampaikan pembangunan geleri UMKM rencananya juga akan dilakukan Pemda di kawasan bundaran Koba (titik nol Kota Koba). Dengan adanya galeri tersebut diharapkan para pelaku UMKM dapat menggunakannya dengan maksimal.

"Kami juga akan menata seluruh pedagang yang ada di sepanjang jalan dalam Koba, direlokasi ke tempat khusus untuk berjualan," katanya.

UMKM Bangka dapat Mengurangi Pengangguran

Ia menuturkan, pemda sangat menaruh perhatian khusus kepada para pelaku UMKM. Sebeb dengan adanya usaha kreatif tersebut dapat mengurangi pengangguran di masyarakat.

"Selain itu, ekonomi para pelaku UMKM mampu bertahan di tengah terpaan pandemi virus corona baru," paparnya.

Sentra Perdagangan di Koba Cukup Penting

Ia berpendapat, pengelolaan perdagangan atau aktivitas ekonomi sangat penting di Koba. Pasalnya sebagai ibukota kabupaten, Koba mesti ditata dengan rapi, bersih dan menarik.

"Kota tidak boleh semrawut, semuanya ditata dengan baik, tidak hanya pedagang, tetapi juga bangunan fisik dan termasuk trotoar jalan," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.