107 Jamaah Haji Asal Belitung Tiba di Tanah Air dengan Selamat, Jalani Pemeriksaan COVID-19 Terlebih Dulu
Pemeriksaan kesehatan bagi jemaah haji (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah 107 jemaah haji asal Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, telah mendarat di Tanah Air pada Minggu (7/8) pukul 13.35 WIB melalui Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Belitung.

Suyanto, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Belitung, menyampaikan sebanyak 107 haji asal Belitung ditambah tiga haji asal Belitung Timur sampai ke Tanah Air dengan selamat. 

Menurut dia, setibanya di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Belitung jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang empat langsung menjalani pemeriksaan COVID-19 di Base Ops Lanud ASH Hananjoeddin Belitung oleh petugas Dinas Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat.

"Sebelum kembali ke keluarganya, jamaah haji menjalani pemeriksaan COVID-19 terlebih dahulu," kata Suyanto.

Pemeriksaan Kesehatan Jemaah Haji Indonesia yang Sudah Tiba di Tanah Air 

Dia menjelaskan, pemeriksaan COVID-19 wajib dilakukan setelah jamaah sebelumnya haji menempuh perjalanan panjang untuk kembali ke Tanah Air.

"Mereka berangkat dari Madinah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menggunakan pesawat Saudi Airlines pada Sabtu (6/8) pukul 18.50 Waktu Arab Saudi (WS) dan tiba di Tanah Air pada hari ini pukul 08.30 WIB," ujarnya.

Kepulangan Jemaah Haji Asal Belitung 

Selanjutnya jamaah haji asal daerah itu berpindah pesawat untuk diberangkatkan dari debarkasi Palembang menuju Belitung pada pukul 12.30 WIB dan tiba pukul 13.35 WIB.

Suyanto menambahkan, jamaah haji dapat berkumpul bersama keluarga jika hasil pemeriksaan dinyatakan negatif COVID-19.

"Namun apabila ada yang positif COVID-19 nanti ada standar prosedur operasional selanjutnya yang telah disiapkan oleh petugas," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.