Istana Kepresiden Kembali Gelar Kirab Arak-arakan Bendera Pusaka pada HUT ke-77 RI
Heru B Hartono, Kepala Sekretariat Presiden (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Arak-arakan kirab bendera Pusaka Merah Putih akan kembali digelar oleh Istana Kepresidenan pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang. Arak-arakan bendera dilakukan dari Monumen Nasional Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Heru B Hartono, Kepala Sekretariat Presiden, menyampaikan bendera pusaka itu merupakan rangkaian peringatan detik-detik Proklamasi yang dapat dinikmati masyarakat umum.

"Ada rangkaian membawa bendera Pusaka dari Monas menuju Istana, nanti juga ditambahkan beberapa masyarakat atau kegiatan ini yang akan dikoordinir Pak Kepala Staf Garnizun Tetap I/Ibu kota dan semoga bisa menjadi tambahan untuk memeriahkan acara ini," kata dia, dalam keterangan pers Bulan Kemerdekaan 2022 yang disaksikan secara virtual, Senin.

Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT RI di Istana Kepresidenan 

Adapun kirab bendera pusaka merupakan salah satu rangkaian kegiatan pada peringatan HUT RI yang rutin dilakukan tepat pada 17 Agustus. Kegiatan kirab bendera Merah Putih yang biasanya ditunggu masyarakat sebelumnya selama dua tahun karena pandemi Covid-19.

Senada dengan itu, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Negara, Bey Machmudin, mengatakan, acara kirab atau arak-arakan bendera pusaka dimulai pukul 09.00 WIB.

"Pukul 09.00 ada kirab dari Monas untuk membawa bendera pusaka, itu hal yang baru lagi setelah pandemi," kata dia.

Adapun berbagai kegiatan yang dapat dinikmati masyarakat umum dimulai pukul 08.30 WIB, sedangkan rangkaian kegiatan Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka dimulai pukul 09.45 WIB.

Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Istanan Presiden

Pada tahun ini, Istana mengundang masyarakat secara terbatas untuk mengikuti langsung peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI sebanyak 2.000-3.000 orang.

Tema acara HUT pada tahun ini adalah "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", di mana sesuai dengan momentum Indonesia yang pada tahun ini memegang mandat sebagai ketua G20.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.